Banner

ADVERTISE

AWETISMMAZE : Sensasi dunia Autism dalam sebuah labirin.

|

Jatinangor - Padapanik.com (30/4/14) Perjuangan melawan diskriminasi terhadap para penyandang Autism belum berakhir. Setelah sejumlah pengurus HIMA HUMAS UNPAD yang tergabung dalam Chartfest 2014 dengan tema Awareness to Autism ini telah melakukan Street Campaign di CFD Dago 20 April yang lalu (baca disini). Kali ini AWETISM mengadakan acara puncak di UNPAD kampus Jatinangor.

Acara ini dimulai dari pukul 13.00 WIB di sebuah lapangan terbuka di dalam kampus. sebuah panggung dengan penampilan band-band kampus yang terus menghibur. dan sejumlah stand makanan berderet rapih. sebuah acara yang langsung menarik perhatian sejumlah mahasiswa yang kebetulan masih ada di kampus. Tidak hanya sampai disitu, dalam kegiatan ini terdapat sebuah wahana yang dinamakan AWETISMMAZE. Sebuah Wahana berbentuk labirin yang mengundang para pengunjung untuk merasakan sensasi dunia Autism.

Panjangnya antrian, membuat siapa saja yang sedang berada di acara tersebut dipastikan penasaran dan akhirnya ikut mengantri. Hanya dengan tiket seharga 10 ribu rupiah, Para pengunjung masuk kedalam labirin tersebut. Sebuah labirin kecil di mana kita harus mengikuti sejumlah instruksi dari panitia, di tiap dindingnya terdapat sebuah catatan tentang fakta anak yang mengidap Autism. Kami dibawah disebuah ruangan yang di penuhi bola plastik yang di gantung, namun tidak hanya bola plastik biasa. Tapi sebuah bola plastik yang telah ditempelkan sebuah ornamen-ornamen kasar pada seluruh sisinya. para pengunjung diminta untuk memegang bola tersebut. Sebuah perumpamaan yang baik dimana anak yang mengidap Autism ketika memegang sebuah benda yang seharusnya biasa saja bagi kita. Namun sangat sensitif bagi mereka.

Selanjutnya pengunjung akan dibawah ke beberapa bagian lain, dimana akan ada sebuah ruangan khusus yang di desain untuk lebih mengenalkan kita tentang dunia autism. sampai akhirnya disebuah ruangan kecil yang tertutup. hanya ada sebuah catatan,

Matamu adalah kamera terbaik di dunia, begitu pula milik kami. Namun kami menangkap cahaya lebih peka, sehingga semburat cahaya terlihat berpendar lebih terang. Jangan marah bila kami berteriak saat di tempat umum. karena seperti inilah yang masuk ke dalam retina kami. berpendar kencang, dalam gelap, menyorot langsung kedalam indra penglihat. - AWETISMMAZE  

Acara ini secara tidak langsung membuka pikiran kita tentang sebuah persepsi negatif terhadap dunia Autism. dan sekali lagi, Autism is not a Joke! hargai perasaan mereka.

Selain penampilan band, acara ini juga dimeriahkan oleh Tari saman, Yura, dan Musisi Jalanan dari Rumah Musik Harry Roesli.

Report : Ari
Foto : Aggi

No comments:

Post a Comment