Banner

ADVERTISE

MARUGAME UDON : Menikmati Makanan Jepang dengan nuansa jepang!

|
siap dilayanin teteh-teteh ramah
Sudah menjadi rahasia umum memang jika Mall menjadi salah satu tempat hangout yang paling digandrungi anak muda masa kini. Selain udaranya yang adem, banyak spot di sana yang bisa menjadi pilihan pengunjung untuk refreshing ataupun sekedar kongkow bersama teman maupun keluarga. Pada hari Senin (17/11), saya memutuskan untuk berjalan-jalan di salah satu Mall yang terletak di jalan Gatot Subroto Kota Bandung. Setelah puas berkeliling, peliharaan di perut saya pun mulai merengek meminta jatah makan siangnya. Sekitar pukul 14.00 saya mulai mencari sajian makanan di kawasan Food Court Trans Studio Mall, yang ada dalam pikiran saya waktu itu hanyalah makanan dengan porsi jumbo dan hemat, mengingat jadwal makan siang yang terlambat. Tiba-tiba mata saya tertuju pada satu restoran Jepang bertuliskan Marugame Udon pada sebuah atap dapur yang berbentuk seperti kedai.


Desain kayu berwarna coklat terlihat mendominasi dekorasi restoran tersebut, dipercantik dengan hiasan lampion kuning, batu-batu alam, serta hiasan dinding bertuliskan huruf kanji membawa atmosphere pengunjung seperti makan di Negeri Sakura. Konsep open kitchen, freshly cooked, dan self service yang ditawarkan restoran tersebut membuat pengunjung dapat leluasa melihat proses memasak udon dan tempura langsung dari dapur. Freshly cooked terlihat dari treatment udon & tempura yang dimasak dan digoreng langsung begitu konsumen memesan. Kalau ngomonin soal kualitas masakan pengunjung tidak perlu khawatir karena udon & tempura yang berada di display tidak lebih dari 20 menit, jadi kalau makanan disini sudah melebihi batas waktu tersebut, makanan akan ditarik dan diganti dengan yang baru. Restoran ini sangat mengutamakan kualitas makanan untuk kosumennya. Keunikan lain terlihat dari konsep self service, konsumen mengantri di udon station lalu setelah pilihan udon sudah tersedia konsumen dipersilahkan untuk menuju tempura station. Proses pelayanan di tempat tersebut sangat cepat, karena jumlah pelayan yang cukup banyak dan gesit dalam melayani setiap pengunjung. 


Bagi kalian yang belum pernah mencoba masakan Jepang, mungkin kata udon masih terdengar asing di telinga. Udon adalah salah satu jenis mie yang sangat terkenal di Jepang sejak dulu, dibuat dengan terigu dan berbentuk tebal. Udon mengandung kalori yang tidak begitu tinggi namun kaya protein. Kenapa dinamain Udon? Mungkin karena penemunya orang Jepang, kalo penemunya orang Indonesia pasti namnya Udin *mungkin. Disini ada 9 jenis udon dan 4 jenis nasi yang bisa menjadi pilihan bagi pengunjung. Untuk pilihan udon ada Kamage Udon, udon spesial yang disajikan dengan bukake dashi soup secara hangat. Kake udon, udon dengan kake dashi soup. Tori Baitang udon, udon dengan soup kaldu putih dilengkapi dengan baso ayam. Mentai Kamatama Udon, udon dengan saus special telur ikan mentaiko dan telur omega setengah matang. Nah keempat menu di atas menjadi andalan restoran Marugame sendiri, khusus untuk Kamage Udon dapat dipesan dengan ukuran family, menu yang satu ini cocok untuk kalian yang pengen makan rame-rame karena bisa dinikmati 4-6 orang. Selain itu ada Zaru udon, udon dingin yang disajikan dengan bukake dashi soup yang dingin juga. Kata salah satu pelayan yang bertugas disini, menu tersebut cocok di santap waktu cuaca di luar lagi panas. Selain itu ada On Tama Udon, udon dengan bukake dashi soup dan telur omega setengah matang, untuk menu ini kita bisa milih penyajian mau secara hangat atau dingin. Nikku Udon, dengan lembaran daging sukiyaki dan kake dashi soup. Pilhan menu yang terakhir Beef Curry Udon yang menjadi menu pilihan makan siang saya waktu itu.

Lalu gimana sih rasa Beef Curry Udon sendiri? Udon sendiri rasanya hampir mirip spaghetti pada umumnya, yang membedakan udon punya rasa gurih yang khas dan tekstur yang lebih kental saat digigit. Topping daging sukiyaki yang diiris tipis membuat tekstur lembaran daging sangat lembut di mulut. Disiram dengan kuah kari kental yang kaya akan rasa membuat perpaduan Beef Curry Udon menjadi sajian sempurna yang berpadu nikmat saat dimakan. Porsi yang banyak juga membuat perut kalian berkata: “cukup!!! kamu tega liat aku berubah nanti.” Jadi buat kalian yang lagi hemat, selamat perut kalian terselamatkan.


Untuk pilihan menu nasi ada Tendon Seafood Rice, nasi Jepang dengan toping tempura sayur, ikan kisu dan ebi. Tendon Tori Rice, nasi Jepang dengan topping tempura sayur, telur dan ayam. Sukiyaki Beef Bowl, nasi Jepang dengan lembaran daging sukiyaki yang gurih. Beef Curry Rice, nasi Jepang dengan lembaran daging sukiyaki disiram kuah kari kental.

Nah untuk kalian yang diperutnya memelihara anaconda, mungkin satu porsi udon masih  belum memenuhi kriteria menu makan kalian pada edisi kelaparan gak makan setahun. Tenang… disini ada juga aneka tempura yang bisa kalian nikmati sebagai hidangan penutup. Setelah selesai memilih udon, biasanya terjadi excitement karena konsumen dihadapkan dengan 10 jenis pilihan tempura yang bikin ngiler. Untuk pilihan tempura ada Kakiage (Tempura sayur yang memiliki keunikan yaitu ukurannya yang sebesar buah jeruk bali), Broccoli Tempura (Tempura Brokoli), Egg Tempura (Tempura telur omega) Chicken Chilli Tempura (Cabai Hijau Isi Ayam), Skewered Tofu Roll (Udang Kulit Tahu), Kisu Tempura (tempura Ikan Kisu), Sweet Potato Tempura (Tempura Ubi), Tori Tempura (Tempura Ayam), Beef Croquette (kroket Daging Sapi) dan Ebi Tempura (Tempura Udang).

Bagi pengunjung yang kurang puas dengan rasanya, ada meja kondimen yang khusus disediakan restoran ini untuk konsumen yang perlu tambahan perlengkap makanan seperti irisan cabe rawit, irisan daun bawang, wijen, jahe dan yang paling special yaitu tenkatsu atau remah-remah tempura yang crunchy. Untuk minuman disini hanya tersedia 2 pilhan yaitu soft drink dan the ocha (the khas Jepang). Hal ini dilakukan agar konsumen tidak bingung saat memilih minuman, selain lebih cepat dalam penyajian, kedua jenis minuman tersebut pas disandingkan dengan udon yang pada dasarnya sudah memiliki rasa yang kuat. Harga untuk menu udon dan nasi mulai dari Rp.33.000 – Rp50.000, Rp. 85.000 untuk Kamage udon paket family. Sedangkan untuk tempura mulai dari Rp. 7,000- Rp. 14.000/pcs. Untuk harga minuman baik teh ocha maupun soft drink dipatok dengan Rp. 10.000 saja. For Your Infromation (FYI) jika pengunjung memilih teh ocha sebagai sajian minuman, kalian bisa melakukan isi ulang GRATIS!!!. So, bagi kalian yang butuh tempat nongkrong baru, restoran yang satu ini bisa jadi referensi yang fresh saat ini. Harga yang ditawarkan terbayar dengan suasana yang nyaman, pelayanan yang cepat, serta makanan yang higenis & lezat. Restoran authentic Jepang Marugame Udon sendiri merupakan franchise dari Marugame Seimen yang berpusat di Kobe, Jepang. Restoran ini merupakan cabang Marugame pertama dan satu-satunya di Bandung. Tunggu apalagi, ajak teman atau keluarga ke restoran yang terletak di Trans Studio Mall lantai 2 ;).

Oleh : Feari 
Foto : Feari

No comments:

Post a Comment