Banner

ADVERTISE

STAND BY ME : BUKAN AKHIR DARI DORAEMON

|

Hampir setahun Trailer Stand by me Doraemon yang di upload di youtube. Mengingatkan kita kembali ke masa kantong ajaib yang memanjakan imajinasi kecil kita. Trailer berdurasi 1,5 menit itu di tonton lebih dari 3 juta kali. Banyak yang beranggapan bahwa kartun yang sudah ada sejak 1969 itu akan mengakhiri seluruh episodenya dengan film bertajuk "Stand by me" tersebut. Dari Trailer juga terlihat bahwa Stand by me adalah akhir dari kisah Nobita dan Doraemon yang di tandai dengan kembalinya Doraemon ke abad ke 22.

Bagi para pecinta Doraemon garis keras, mungkin sudah beberapakali mendengar beberapa versi bocoran ending Doraemon, dan terjadi perbedabatan. Entah Stand by me akan memihak ke ending yang mana. Oh iya, Stand by me sebelumnya sudah pernah dibuat versi kartun dan komiknya. Meskipun berdurasi kurang dari 30 menit dan hanya 2D tapi benang merah dari ceritanya sama.

Stand by me 3D kali ini memang sangat fenomenal, bahkan menjadi film yang sangat laris dan ditunggu tahun ini. Stand by me bermula dari kisah nobita, seorang anak SD yang sangat lemah, pemalas, dan kurang pandai dalam setiap pelajaran bertemu dengan seorang robot kucing bernama Doraemon. Sebuah Robot dari abad ke 22 yang dulunya adalah pengasuh dari Sewashi (Dalam film disebut Sobi). Doraemon di kirim dan di program untuk membahagiakan dan membantu nobita merubah nasib masa depannya. Hingga hari tersebut, Doraemon tidak akan bisa kembali ke abad 22.

Dan setelah itu, ketebaklah yang terjadi adalah serial kartun yang kita nonton setiap hari minggu di salah satu TV swasta tersebut. Kisah Nobita, Doraemon, Takeshi (Giant), Suneo, dan Shizuka adalah kisah yang panjang dan di gambarkan oleh beratus-ratus episode Doraemon.

Plot cerita yang ketika adalah masa Nobita akan merubah masa depannya dan berusaha untuk mendapatkan Shizuka, Saingan terberatnya adalah Dekisugi, Anak lelaki yang sangat perfeksionis dikelasnya. dan di plot akhir adalah kisah kepergian doraemon yang mengharukan seperti yang kalian liat di Trailer-trailer yang beredar di Youtube.

Secara garis besar, Stand by me sangat memanjakan mata dengan teknologi animasi jepang yang tidak mau kalah dengan animasi-animasi karya pixar dsb. Scene kartun khas ala jepang juga di tonjolkan kembali dengan lebih detail dan canggih. Salah satu yang membuat saya kagum adalah penampakan lorong waktu yang di lewatin dengan mesin waktu jauh lebih menakjubkan di bandingkan dengan yang kita lihat di kartun setiap minggu.

Apresiasi tinggi terhadap film ini yang membawa kita reuni dengan masa kecil dulu. Meskipun ada kekecewaan dan beberapa cerita yang membingungkan. Nilai plus nya adalah karakter jarang seperti Dekisugi dan Jaiko ada dalam durasi yang lama, sehingga kedua karakter tersebut memang dianggap sebagai bagian dari karakter utama. Ada dua karakter dari yang saya tunggu namun tidak muncul, Dorami dan seorang kakek kolektor bonsai yang tinggal di sebelah lapangan (lupa namanya hahah).
Oh iya, buat kalian pecinta film doraemon, mungkin ini pertama kalinya kalian melihat sosok ayah dari Shizuka. Sebuah momen langka!

Banyak yang harus diceritakan, di bandingkan atau didiskusikan dalam review ini, Namun hal yang paling saya takuti adalah spoiler yang membuat selera nonton para pembaca berkurang. Oleh karena itu, Silahkan menonton dan selamat berpetualang ke masa kecil kalian!

Bocoran dikit,

Kalau banyak yang berpendapat bahwa Stand by me ini adalah last episode dari serial Doraemon, menurut saya tidak :) Ini bukan akhir dari Doraemon

Oleh : Ashari

4 comments:

  1. Waaaah... jadi penasaran banget sama filmnya. pengen liat bapaknya Shizuka. berhubung saya penggemar doraemon garis keras tanpa batas jadinya saya harus coba nonton filmnya hehe
    nice review :)

    ReplyDelete
  2. Link yang 3D udah pada dihapus, ya. belum sempet nonton. Cuma dapet yang 2D aja euy hehe

    ReplyDelete
  3. Baru kali ini bener2 muncul sosok Ayah Shizuka secara personal dan cukup dalem...
    Padahal klo kita jeli baca komik2 Doraemon, Ayahnya Shizuka itu berubah2 lho tiap muncul.
    Sampe ada meme Shizuka bingung, sebenarnya dia anak siapa, hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. sbenar na klo km nonton yg move pas sizuka nikah itu udah ada,,, yg d 2D na jg

      Delete