Banner

ADVERTISE

Sering tampil di Indonesia, Secondhand serenade masih memukau.

|

Padapanik.com - Aula Gedung Sabuga (Sasana Budaya Ganesha) dipenuhi oleh ribuan penonton pada Sabtu (31/1). Suasana ramai dan sesak tidak menyurutkan semangat penonton untuk menyaksikan band beraliran rock akustik. Ya....apalagi kalo bukan Secondhand Serenade, meskipun bukan pertama kalinya band asal Amerika ini datang ke Indonesia, namun sambutan hangat dari fans tidak pernah membuat John Vesely bosan untuk menghibur penggemarnya.

Sebuah tulisan Secondhand Serenade Next On Stage pun muncul disebuah layar besar belakang panggung yang kemudian mengundang teriakan histeris penonton. Beberapa orang yang sebelumnya terlihat lelah dan duduk di lantai mulai bangkit dan merapat ke tengah kerumunan penonton untuk menyaksikan idola mereka dari posisi terbaik.

Sekitar pukul 22.00 sebuah lighting show mulai dimainkan, beriringan dengan musik slow menandakan sebuah pagelaran mewah siap disuguhkan. Terlihat dua buah gitar berwarna putih dan coklat di atas panggung sudah menunggu untuk diberi nyawa. Sekitar lima menit lampu dan layar dimainkan euforia penonton pun mulai naik “Secondhand....Secondhand....Secondhand...” teriakan tersebut menggema dari berbagai arah.  Akhirnya dengan jaket kulit berwarna hitam John naik ke atas panggung. Suasana aula pun mulai pecah, sebagian besar penonton terlihat menaikan kedua tangannya dan mengarahkan handphone mereka ke arah panggung untuk memotret vokalis sekaligus gitaris band tersebut.

Hello...Indonesia....Bandung begitulah sapaan John ketika melihat suasana yang begitu crowded, terutama di area festival penonton. Mengambil sebuah gitar coklat John pun akhirnya melantukan sebuah lagu yang diambil dari album “A Twist in My Story” berjudul Maybe. Pada lagu pertama terlihat hanya sebagian penonton yang hafal dan ikut melantunkan lagu tersebut bersama John, kayaknya cuma Serenaders banget nih yang ikutan nyanyi atau bisa jadi orang-orang yang pernah jadiin lagu ini sebagai lagu kenangan sama gebetan atau pasangan *ciye.

Banyak lagu yang dibawakan oleh Secondhand pada malam itu, beberapa lagu diantaranya vulnurable, awake, your call, the last song ever, let me in, fix you (Coldplay cover), shake it off dari album barunya Undefeated, dan beberapa hits lainnya. Saat memainkan aksinya John seringkali menampilkan aksi panggung yang membuat penonton tidak hentinya berdecak kagum. Hampir di sepanjang konser John selalu melemparkan senyum ke berbagai penjuru ruangan. Ada beberapa aksi yang menjadi sorotan penonton malam itu seperti saat John melepaskan jaket kulitnya yang menyisakan kaos oblong di badannya, saat John memainkan lagu dengan piano, serta saat John mengambil setangkai bunga dari penonton wanita.

Siapa sangka kalau Bandung menjadi salah satu kota favorit John, di tengah-tengah konser dia mengatakan jika dia senang datang ke Bandung karena selalu ramai dan dihargai oleh fansnya. Begitu pun halnya pada malam itu, lebih dari 2000 penonton diperkirakan hadir dan memenuhi aula Sabuga. Pada malam itu, direncanakan John akan menghibur selama satu setengah jam, tapi ternyata keadaan John sedikit kurang fit. Hal ini terlihat ketika di beberapa lagu dia sempat miss dan kurang sempurna menyanyikannya. Namun, karena aksi panggung John yang memukau penonton cenderung mengabaikan, terlebih John selalu memberikan tawa khasnya saat dia tengah bernanyi dan menjadi hiburan tambahan bagi penonton.

Menjelang akhir penampilannya John tiba-tiba berwajah masam dan mengambil air minum dan handuk. Akhirnya John yang dari awal menunjukan keadaan kurang sehat pun melambaikan tangannya dan turun dari panggung tersebut. Suara kecewa terdengar hampir dari semua penonton, beberapa penonton mulai keluar area dan bersiap untuk pulang. Sementara beberapa penonton lain memutuskan untuk stay di dalam ruangan dan mengemis kepada John untuk bernyanyi kembali, karena berdasarkan rencana sebelumnya Secondhand memang di jadwalkan tampil selama satu jam setengah. Di tambah lagu pamungkas Fall For You belum sempat dinikmati penonton.

Kurang dari lima menit Johnpun kembali ke atas panggung dan disambut meriah penonton yang masih setia menunggu. Hentakan kaki juga terdengar dari orang-orang yang berlomba untuk masuk kembali ke area konser. Setelah membawakan sebuah lagu, John pun duduk disebuah kursi dan memainkan sebuah intro lagu dengan piano. Terdengar intro lagu waiting for you karya Richard Max membawa nuansa konser menjadi romantis bagi penonton yang datang dengan pasangannya, begitu penonton hendak bernyanyi tiba-tiba intro pun beralih menjadi kunci nada pada reff lagu wreckingball, sebuah lagu medley nampaknya akan dimanikan John malam itu. Ketika tepuk tangan penononton mengiringi, secara tiba-tiba John membuka lagu tersebut dan mulai bernyanyi. “Best thing about tonight’s that we’re not fighting...” akhirnya teriakan penonton pun memuncak, diluar dugaan John membawakan lagu Fall For You dengan cara berbeda. Hampir semua penonton larut dan bernyanyi di akhir acara, di penampilan terakhirnya John tampil di temani oleh panita utama acara “Futwore” yang digelar malam itu.

Setelah selesai konser John sempat menuliskan perasaanya melalu akun twitter pribadinya @secondhandjohn. “Had such a great show in Bandung last night! Thank you all for making it such a memorable night,” tulisnya. Selain Secondhand, acara tersebut juga dimeriahkan oleh Maliq and D’Essential, Teza Sumendra, GNT 9, Payung Teduh, Abdul & The Coffe Theory, dan hiburan lainnya.

Acara yang digelar oleh SMAN 2 Bandung tersebut memang dinilai sukses menghibur seluruh pengunjung yang hadir. Mengusung konsep  Super Mega Bazzar, “Futwore” hadir untuk generasi muda. “Build our youth for future” merupakan tagline dari acara ini, dengan maksud mengajak para pemuda menggunkan masa muda yang hanya diperoleh satu kali untuk membangun masa depan.

From Two With Love (F2WL) merupakan acara tahunan SMA Negeri 2 Bandung yang pertamakali diadakan tahun 1993. Sejak tahun 2009 pagelaran yang menjadi ciri khas tersendiri dari SMAN 2 Bandung ini mulai diadakan di Sabuga. Acara ini merupakan suatu karya daro siswa-siswi SMAN 2 Bandung baik yang tampil di atas maupun belakang panggung. Kedatangan artis internasional merupakan kali pertama dihadirkan pada hajatan megah F2WL 2015, buat kalian yang kemarin belum sempet hadir di acara ini gak usah khawatir karena acara ini bakal diadain setiap tahun. Kira-kira siapa nih artis yang pengen kalian tonton di tahun depan? Yuk tambahin di kolom komentar!

Oleh : Feari
Foto : Dewe

No comments:

Post a Comment