Banner

ADVERTISE

BOSCHA 2015 : MENUJU BANDUNG SMART CITY

|

Padapanik.com - Pemerintahan Ridwan Kamil selaku Walikota Bandung periode 2013-2018 terus bekerja keras, tidak jarang manfaatnya mulai terasa sehari-hari. Semakin berbenahnya kota Bandung, Semangat Kolaborasi yang di tularkan Bandung mengajak siapapun warga Bandung untuk ikut kreatif dalam berbenah. Selain menjadi warga yang paling bahagia, Menjadi warga yang mandiri juga sangat penting untuk Bandung.

Selain Movement dari komunitas yang terus-terusan berlanjut, Event-event positif nan kreatif juga tidak henti-hentinya di buat. Salah satunya Bandung Open Datan Summit Challenge 2015 (BOSCHA) Acara yang di gelar 21 Februari 2015 ini merupakan sebuah rangkaian acara yang mempertemukan dan mendorong kolaborasi yang berkelanjutan antara para pemangku kepentingan dalam ekosistem data terbuka (open data). Acara ini merupakan bagian dari 120 Event open data di dunia!

Dimulai pukul 09.30, Acara yang dihadiri ratusan orang yang terdiri dari Mahasiswa, Tamu Undangan, Portal Data Indonesia, Pihak Code Bandung, Developer dan Wartawan ini sangat antusias mendengarkan Keynote Speechess dari berbagai perwakilan. Salah satunya mengenai penjelasan tentang Website West Java Incorporated yaitu sebuah website tentang kota Bandung yang sedang dikembangkan yang di dalamnya berisi data tentang Kota Bandung, Proyek Kota Bandung yang sedang maupun akan berjalan, Potensial Kota Bandung dan lain-lain yang salah satu tujuannya adalah mendatangkan investor untuk perkembangan Jawa Barat khususnya Bandung.

Penggunaan Teknologi, Aplikasi, dan Elektronik untuk kemudahan sehari-hari menjadi salah satu syarat sebagai Smart City. ICT Development Index Indonesia di tahun 2014 di peringkat 97. Keynote Terakhir adalah Ridwan Kamil yang mewakili dari pemerintahan Kota Bandung. Meskipun terlihat sangat lelah, Beliau masih harus mengikuti 7 agenda hari itu, meskipun hari sabtu.

Ridwan Kamil sabtu itu (21/2) menghimbau masyarakat untuk mengaplikasikan ilmunya untuk kemajuan Kota Bandung, dan untuk mencapai Bandung Smart City, Kang Emil (sapaan akrab Ridwan Kamil) juga menargetkan penggunaan 100 Aplikasi. Menurut Kang Emil, Teknologi harus dimanfaatkan sebaik-baiknya dengan bijak. Salah satu Teknologi yaitu Sosial Media dirasanya sangat berperan penting dalam masa jabatannya. Beliau juga menambahkan dan memohon doanya, Juli 2015 Beliau akan terbang ke New York di Forum Walikota Dunia untuk Sharing Knowledge, Tema yang dibahas adalah Solidaritas Bandung.

"Jadi kalau ingat Bandung, Ingat Solidaritas" tambahnya.
Dalam Konferensi Pers, Kang Emil juga menjelaskan konsep Cashless Society dimana masyarakat kemana-mana tidak perlu membawa uang Cash, Cukup bawa Smart Card. Bandung baru punya 20 Aplikasi yang diterapkan di Bandung, meskipun cukup jauh dengan Singapura yang sudah menerapkan 1600 Aplikasi. Dalam BOSCHA 2015 ini diterapkan beberapa fokus antara lain Transportasi, Kebencanaan dan Ekonomi Investasi.

Oleh : Ashari
Foto : Aggi

1 comment:

  1. Kang Emil mantap, mampu membawa Bandung ke arah yang lebih baik lagi...

    ReplyDelete