Banner

ADVERTISE

FIND BRILLIANT IDEAS : PROSES IDE DIBALIK SEBUAH PROGRAM RADIO

|

Padapanik.com – Dunia broadcasting khususnya Radio sampai saat ini masih cukup diminati di berbagai kalangan. Meskipun perkembangan Teknologi Alternatif hiburan semakin marak berkembang. Kehadiran Compact Disc (CD) dan Mp3 juga mengalihkan orang-orang untuk mendengarkan musik dengan cara yang lebih mudah, tidak hanya lewat Radio. Hal ini salah satu penyebab Radio saat ini umumnya hanya di dengarkan saat berada di perjalanan, atau saat tengah malam.

Inovasi Program Radio yang semakin hari semakin berkembang menjadi alasan kenapa Radio masih bertahan dan semakin marak hari ini. Tentunya sebuah Program Radio yang unik dan Ratting yang tinggi tentu tidak lepas dari proses nya yang panjang. Menemukan Ide yang menarik, Penulisan Skrip, Penyempurnaan konsep, Pemilihan Announcer yang tepat, survey pendengar dll. Prosesnya mungkin sudah hampir sama dengan proses di balik program TV. Salah satu program Radio yang sedang menarik perhatian salah satunya adalah Nightmare Side. Program dari Ardan Radio ini memang program yang unik karena bergenre horor dan memainkan Theater of Mind dari pendengarnya.   


Dan isu Inilah yang coba di angkat oleh Keluarga Mahasiswa Manajemen Komunikasi (KMMK) Unisba yang setiap tahunnya membuat Seminar Akademik. Tema yang diangkat tahun ini adalah Find Brilliant Ideas : Make your Radio Programme yang menghadirkan tamu dari ARDAN Radio yaitu Gebyar AG seorang Commercial Supervisor sekaligus Produser program Nightmare Side dan Dimas Tri Aditio seorang Announcer program Nightmare Side.


Selasa (24/03) pukul 07.30 pagi, Seminar ini menampilkan Mahasiswa Manajamen Komunikasi Unisba yang berprofesi di dunia Radio. Luthfi Faza (Announcer Paramuda) dan Rama (Announcer OZ). Tidak hanya itu, Moderator yang hadir juga tidak lain masih Mahasiswa Mankom Unisba yang punya pengalaman bekerja di Dunia Radio antara lain Belinda Dwi Lestari (Produser Prambors Bandung), dan Iksan Hermana (Announcer Paramuda). Meskipun masih di bangku kuliah, Tapi pengalaman mereka berempat sudah cukup banyak untuk sharing hari itu. Ini juga menjadi motivasi bagi peserta Seminar yang notabenenya adalah Mahasiswa untuk tidak menjadikan alasan padatnya Jadwal kuliah untuk mencari berkreasi dan mencari pengalaman sebanyak-banyaknya.


Setelah sharing dari Mahasiswa, Giliran Gebyar AG yang sharing tentang pengalamannya di dunia Radio khususnya dalam membuat sebuah program Radio. Bagi Gebyar sendiri, Ide kreatif dimulai dari rasa penasaran terhadap sesuatu. Ia mengambil contoh dimana seorang anak ketika diberikan mainan, Rasa penasaran untuk mengotak-atik hingga mainannya rusak hingga puas mempelajari objek yang sedang dimainkannya itu. Selain itu, Kreatif berasal dari pengamatan-pengamatan terhadap sesuatu yang aneh.

Ide kreatif dalam bentuk apapun juga harus di sebarluaskan agar dapat dinikmati khalayak luas. Oleh karena itu, Gebyar menambahkan bahwa Ide kreatif butuh promosi. Salah satu cara terbaik adalah dengan meminta jasa Artis untuk sebuah iklan promosi. Artis dengan massa yang banyak sangat mempengaruhi eksistensi program yang sedang berjalan.



Setelah Gebyar, giliran Dimas Tri Aditio yang akan sharing, Sebelumnya pria yang akrab disapa Dimasta ini membuat suasana Aula Universitas Islam Bandung menjadi horor dengan cerita-cerita misteri yang dibawakan. Melihat penonton yang sudah fokus dan antusias, Dimasta mencoba untuk sharing tentang Pengalaman-pengalaman horornya sehari-hari. Sebagian hanya mitos, namun ada juga fakta-fakta yang coba disembunyikan sehingga dianggap horor oleh masyarakat. Selanjutnya Dimasta juga sharing tentang Basic Announcer dan Cara bikin topik siaran. Tidak hanya teori, Dimasta juga mengajak 3 orang peserta Seminar untuk mengikuti “Simulasi Siaran Dadakan” yang khusus diadakan hari itu. Suasana pun cair, Para peserta seminar terhibur dengan adanya simulasi siaran tersebut. Karena para peserta yang ikut terbata-bata dan sangat tegang ketika di ajarkan Simulasi dadakan. KMMK juga berharap seminar akademik yang diadakan setiap tahun ini bisa bermanfaat untuk menambah wawasan dan pengalaman bagi para peserta Seminar khususnya mahasiswa Ilmu Komunikasi.

Oleh : Ashari 
Foto : Aggi

No comments:

Post a Comment