Banner

ADVERTISE

Insurgent : Dibalik Motif Penangkapan Tris Prior

|
sumber foto : teaser-trailer.com
Padapanik.com - Setelah menanti selama satu tahun, akhirnya film yang diangkat dari novel trilogi Divergent rilis. Film bergenre Science Fiction ini memang menjadi salah satu yang paling ditunggu-tunggu kehadirannya mengingat kesuksesan seri pertamanya yang berhasil mencuri perhatian para penggemar film fiksi. Insurgent yang berarti pemberontak mengisahkan tentang bagaimana Tris Prior yang diperankan oleh Shalene Woodley dan Four yang diperankan oleh Theo James memutar otak dan merencanakan strategi untuk melawan kekuasaan di bawah pimpinan Jeanie (Kate Winslet).

Berakhirnya pertumpahan darah yang terjadi di serie sebelumnya, membawa Tris beserta Four, Marcus (Ray Stevenson), Caleb (Ansel Elgort), dan Peter (Miles Teller) keluar dari daerah teritorial Dauntless. Gerbong kereta yang mereka tumpangi kini telah berhasil menembus benteng pertahanan faksi Amity. Di sinilah Tris memulai kehidupan barunya, bersama kaum yang menjunjung tinggi nilai perdamaian dia bersama timnya bersembunyi dan menyusun strategi untuk membunuh Jeanie yang menjadi otak penyerangan kaum Abnegation. Meskipun keberadaan Tris sebagai divergent diterima dengan baik, Tris harus menghadapi kenyataan lain bahwa kini dia tengah menjadi buronan Jeanie karena ulahnya melawan penguasa. Eric (Jai Courtney) yang merupakan kaki tangan Jannie berhasil mencium keberadaan Tris dan melakukan penyerangan kepada Kaum Amity untuk menangkapanya. Beruntung Tris, Four dan Caleb berhasil kabur dan memisahkan diri dari serangan yang dilancarkan Eric.

Perjalanan Tris, Caleb, dan Four kembali mengalami masalah. Setelah melarikan diri dari penyerangan, mereka bertemu kaum tanpa faksi yang memaksanya untuk kembali bertarung. Kemampuan Caleb yang tidak mahir beradu fisik membuat Tris dan Four kesulitan melawan kaum Factionless dalam jumlah banyak. Akhirnya Four membuka identitasnya sebagai Tobias Eaton yang ternyata namanya cukup berpengaruh dan telah lama dicari keberadaanya. Hal ini terjadi karena rupanya Evelyn Eaton (Naomi Watts) yang tidak lain adalah ibu kandung Four, merupakan pemimpin kaum Factionless. Mendengar hal ini Tris pun seolah tak percaya, ternyata selama ini Four berbohong dan merahasiakan keberadaan ibu kandungnya kepada Tris. Evelyn telah memalsukan keatiannya dan meninggalkan Four saat dia berusia enam tahun bersama Marcus. Hal tersebutlah yang membuat Evelyn dan Four kini mengalami perang dingin. Ajakan kerja sama yang ditawarkan Evelyn untuk melawan Jeanie pun diacuhkannya, hal tersebut berseberangan dengan sikap yang  ditunjukan Tris yang berusaha menerima tawaran tersebut mengingat kebutuhannya mengumpulkan sekutu.

Penyerangan Jeanie kepada kaum Abnegation ternyata bukan tanpa sebab, nyawa yang telah dipertaruhkan kedua orang tua Tris bukan semata-mata untuk melindunginya. Seusai penyerangan tersebut Janie menemukan sebuah box yang selama ini disembunyikan oleh kedua orang tua Tris. Box ini lah yang ternyata menjadi tujuan utama Jeanie melakukan penyerangan. Untuk memperoleh kekuasaan penuh, Jeanie harus membuka kotak tersebut yang sayangnya hanya bisa di pecahkan oleh seorang keturunan Divergent. Setelah melakukan pencarian di berbagai faksi, upaya Janie pun gagal, karena tak seorang pun dari keturunan divergent mampu membuka misteri dalam kotak tersebut. Hanya keturunan Divergent terpilih yang bisa membuka kotak tersebut, hal ini membuat Tris menjadi sosok yang paling diyakini bisa memecahkan misteri dalam box tersebut.

Buat kalian yang memang dibuat penasaran sama kelanjutan film Divergent sebelumnya, rasanya kalian wajib nonton sekuel satu ini. Setelah sempat bingung dan menebak-nebak bakal kaya gimana sih cerita film ini melalui trailernya, ternyata apa yang disuguhkan oleh Robert Schwentke lebih dari ekspetasi yang saya bayangkan. Jika pada sekuel sebelumnya faksi Abnegation, Dauntless, dan Erudite lebih banyak ditampilkan , di sini beberapa faksi lain seperti Amity dan Cendor turut mengambil bagian penting dalam perjalanan Tris melewati petualangannya.  Banyak action menegangkan yang ditampilkan oleh Shalene Woodley sebagai tokoh utama. Selain itu konflik dalam film ini juga cukup beragam karena di film ini Tris dihadapkan dengan banyaknya pengkhianatan yang ditunjukkan oleh orang-orang terdekatnya. Kematian Will yang merupakan teman dekat Tris juga membuatnya tertekan oleh rasa bersalah luar biasa hingga dia tak berhenti memimpikannya. Belum lagi Tris harus menjelaskan peristiwa tersebut kepada Christina yang merupakan kekasih Will. Munculnya sosok Evelyn yang merupakan ibu kandung Four juga menjadi awal baru dalam kisah ini yang sepertinya akan berlanjut pada sekuel ketiganya. Secara keseluruhan Insurgent menawarkan suguhan yang lebih menarik dari sekuel sebelumnya, saya pribadi cukup puas dan tidak merasa menyesal menonton film ini, meskipun ending dalam film ini sedikit mirip dengan film sebelah yang kayanya kalo saya sebutkan malah jadi spoiler.  Meski begitu saya masih merekomendasikan film ini untuk kalian tonton bulan ini, karena saya sendiri masih penasaran untuk menonton sekuel ketiganya.

Oleh : Feari            

No comments:

Post a Comment