Banner

ADVERTISE

RECORD STORE DAY 2015 : LIVE RECORDING, PAMERAN ARTWORK, LIVE MUSIK HINGGA LARUT MALAM

|

Padapanik.com -  Minggu ketiga di bulan april tepatnya di hari sabtu, Record Store Day di rayakan di berbagai kota-kota di dunia. Di Indonesia sendiri, Perayaan untuk menghargai jasa Toko Musik ini beberapa tahun terakhir sudah mulai ikut dirayakan di Indonesia. Di tahun 2014 lalu, kami juga mengikuti perayaan ini di IFI Bandung. Tahun ini, Perayaan Record Store Day kembali di rayakan di Bandung. 18 April 2015, Diadakan di Omuniuum sebagai salah satu toko musik di Bandung. Acara di mulai pukul 12.00 Hingga Pukul 00.00 WIB. Selain di Bandung, RSD juga diadakan di 16 Kota di Indonesia! diantaranya, Jakarta, Yogyakarta, Malang, Surabaya, Lampung, Palu, Makkasar, Samarinda, Banjarmasin, Purwokerto, Palembang, Tegal, Semarang, Cirebon dan Solo.


Seperti biasa, tidak hanya Omuniuum yang hadir, tapi juga berbagai toko lain juga ikut membuka stand di Omuniuum. Selain stand CD, Kaset dan Vinyl, dijual juga berbagai merchandise seperti Kaos, Poster, Artwork, Pin, Sticker dan Gorengan. Hah? Gorengan? Yah, Ada lapak dari Pemandangan yang tahun ini tidak ikut manggung tapi malah berjual gorengan berhadiah, Bukan tazoz atau duit gopean, tapi Puisi! Gokil!! Gorengan rasa seniman.


Hal yang unik tahun ini dihadirkan oleh Omuniuum yaitu Live Recording. Mr. Sonjaya, Nadafiksi, Teman Sebangku dan Tetangga pak gesang melakukan Live recording secara terbuka dengan membawakan 4-5 lagu. Tidak hanya itu, CD hasil rekaman tadi dapat langsung di beli sejam kemudian. Selain itu, hanya tersedia 25 keping per band loh! Edisi khusus Record Store Day 2015 Bandung. Kali aja di antara kalian yang sudah tidak sabar menunggu album dari Teman Sebangku, Album yang dijual hari itu bisa mengurangi sedikit rasa penasaran kalian. Ada total 5 lagu yang direkam diantaranya "Perempuan pagi" yang belum pernah direkam sama sekali sebelumnya, "Pertemuan" lagu yang jarang sekali dibawakan, "Waktu malam" sebuah lagu yang diberikan oleh Deugalih Su, "Berhenti Sejenak" dan juga "Agony Parade" yang dikeluarkan pertama kali di Record Store Day 2014 lalu. Tetangga Pak Gesang juga membawakan lagu baru berjudul "Poespa Remadja". Meskipun di akhir penampilan membawakan lagu "Jembatan Merah" dari Gesang, namun lagu tersebut tidak direkam karena akan kesulitan dengan copyright dan lain-lain. Nada Fiksi dan Mr. Sonjaya juga bisa jadi pilihan kalian. Sayang sekali, Nadafiksi hari itu tidak full team karena Ida Ayu tidak bisa hadir. Setiap CD hanya di jual seharga Rp.35.000,- plus tanda tangan personil di cover belakangnya.


Selain itu, Rilisan khusus dari DVD Konser menuju semesta Melancholic Bitch dan Album Kaset A Stone juga tersedia hari itu. Sekitar pukul 17.00 ada Artwork Exhibition yang unik bahkan di bilang cukup nyentrik. Mungkin harus memiliki jiwa seni yang tinggi untuk mengartikan pameran seni yang ditampilkan hari itu, misalnya poster Pahlawan yang wajahnya dihilangkan dengan digunting beserta judul posternya, atau poster dinosaurus yang seluruh gambar dinosaurusnya di tipe-x, seni yang ditampilkan sangat out of the box dan bikin geleng-geleng kepala.



Malam Record Store Day 2015 akhirnya ditutup dengan penampilan dari Terbujur Kaku dan Bottlesmoker. Meskipun space omuniuum yang terbilang kecil, tapi acara dapat berjalan dengan meriah dan seru.

Oleh : Ari
Foto : Ipang

No comments:

Post a Comment