Banner

ADVERTISE

WE THE FEST 2015 : "MUSIC, ART, FASHION, AND FOOD FESTIVAL"

|
padapanik.com - Event yang konsisten mengusung tema summer festival hasil kerja keras promotor Ismaya Live ini memang sangat ditunggu-tunggu. Hal ini dikarenakan We The Fest (WTF) memiliki konsep yang unik yaitu memberikan perpaduan antara music, art, fashion, and food. Saat pertama kali di gelar, event WTF ini terbilang sangat sukses. Terbukti dengan di dapatkan nya predikat sebagai festival musik terbaik di Indonesia versi beberapa majalah terkemuka Indonesia pada tahun 2014. 

Kali ini di tahun 2015, WTF kembali digelar. Masih di tempat yang sama, yaitu di Parkir Timur Senayan, Jakarta pada tanggal 9 Agustus 2015. Dan tetap dengan mengandalkan konsep yang sama dan sensasi dibawah sinar matahari ala summer festival, kini Ismaya Live kembali mengundang artis/musisi ternama yang tak kalah dengan tahun sebelumnya seperti 36o, Cyril Hahn, Darius, Echosmith, Flight Facilities, Jessie Ware, Kimbra, Madeon, Panama, Motez, Rufus, dan Sheppard. Namun sangat disayangkan kehadiran Passion Pit ke gelaran WTF kali ini harus tertunda dikarenakan sedang sakit yang membuatnya membatalkan beberapa gelaran tournya di Asia. Tak ketinggalan juga ada beberapa local act yang ikut meramaikan WTF 2015 seperti Ellephant Kind, L’Alphalpha, Neonomora dan Teza Sumendra. Stage Cownchella dan stage Bananapalooza pun tetap menjadi 2 stage utama yang digunakan. Yang unik dari WTF tahun ini yaitu adanya inovasi baru dengan turut mengundang chef dari MasterChef Australia yaitu George Calombaris dan  juga seorang magician/comedian asal Kanada, Wes Barker. Selain itu juga yang beda dengan tahun sebelumnya, kali ini WTF 2015 menambah satu stage/panggung kecil yang diberi nama Art Plugged Stage dan dipelopori oleh Demajors Records. WTF kali ini juga turut menghadirkan stage khusus untuk kegiatan masak-memasak yang diberi nama Kokiku TV Cooking Stage.  Dengan beberapa keunikan tersebut membuat saya tertarik untuk mengunjungi event yang digelar tahunan tersebut.

Pada saat pertama memasuki daerah sekitaran venue, nuansa summer festival pun sangat terasa, mulai dari dekorasi yang memakai payung berwarna hingga lampion serta para penonton yang memakai kostum/pakaian khas musim panas. Penampilan dari para local actnya pun sangat menganggumkan tidak kalah kualitasnya dengan para musisi mancanegara. Elephant Kind, L’Alphalpha, Teza Sumendra dan khususnya Neonomora yang mendapatkan perhatian khusus dari saya karena matangnya penampilan dari mereka. Musisi luar negeri yang mendapat giliran pertama untuk menggebrak gelaran WTF 2015 yaitu 360 di stage Bananapalooza. Kemudian dilanjut dengan penampilan dari Panama, Wes Barker, Darius, Sheppard, Rufus, Cyril Hahn, dan Motez. Sedangkan di stage Clownchella, diramaikan oleh Echosmith, Flight Facilities, Jessie Ware, Kimbra, dan Madeon. Bahkan salah satu guest star WTF 2015, Sheppard mengadakan Autograph Session buat para penggemarnya di Indonesia yang ingin bertatap wajah secara langsung dan meminta tanda tangan dari para personilnya.  Para performer WTF kali ini pun sangat luar biasa dalam memanjakan para penggemarnya dengan ciri khas dan karakter aksi panggung masing-masing. Mulai dari 360 dengan music hip hop khasnya, Echosmith yang mengajak beberapa penonton untuk menemani performnya di atas panggung, Sheppard yang mengajak penonton untuk jongkok dan loncat dengan berteriak “Say, Geronimo!” pada lagu "Geronimo" dan hingga Madeon sebagai performer terakhir di CownChella stage dengan live set andalannya menggunakan Launchpad yang diperlihatkan ke arah penonton serta Motez menutup WTF 2015 di Bananapalooza stage dengan irama house music. 

Namun dari keseluruhan performer WTF 2015, ada beberapa performer yang mendapat perhatian lebih dari saya. Seperti Panama yang untuk pertama kalinya perform di Indonesia dengan membawakan single-single andalannya yang dikemas dengan aksi panggung luar biasa seperti "Stay Forever", "Strange Feeling", dan ditutup dengan "Always". Lalu ada juga Darius yang pada awal penampilannya sempat mengecewakan karena membawakan French house bertempo kencang yang bukan menandakan bahwa yang sedang perform itu Darius. Namun pada menit-menit menjelang akhir penampilannya, Darius mulai menurunkan tempo dan membawakan lagu-lagunya seperti "Hot Hands", "Give You Up" dan "Champagne Kisses" yang membuat kekecewaan sebelumnya hilang seketika dan berakhir dengan klimaks. Selain itu juga ada Flight Facilities yang membuat surprise dalam kedatangannya ke Indonesia untuk yang kedua kalinya. Kali ini mereka membawa dua vocalis yang biasa ber-featuring dengan lagu-lagu yang mereka buat. Dua vocalis tersebut yaitu Owl Eyes dan Kurt Kristen. Kemudian ada juga Rufus dan Cyril Hahn yang tampil dengan luar biasa, Rufus dengan harmonisasi set band nuansa elektronik, tidak lupa dengan aksi salah satu personilnya membanting keras piano nya di akhir perform dan Cyril Hahn dengan house music yang kencang. Dan yang terakhir mendapatkan perhatian khusus dari saya yaitu penampilan dari Jessie Ware dan Kimbra. Jessie Ware tampil luar biasa dengan permainan emosinya yang nyata. Terbukti pada salah satu lagu Jessie Ware menyanyikannya dengan penuh penghayatan sehingga matanya terlihat seperti berkaca-kaca. "Champagne Kisses", "You & I (Forever)", dan "Say You Love Me" pun turut dibawakan dan membuat penonton ikut bernyanyi bersama di setiap lagunya. Penampilan Kimbra juga tidak kalah emosional dengan Jessie Ware, namun Kimbra memberikan emosionalnya dengan nuansa energik dan atraktif sehingga penontonpun takjub akan aksi panggungnya dan ikut berjingkrak bersama terbawa energi semangat yang diberikan oleh Kimbra.


Setelah berakhirnya seluruh rangkaian acara dari We The Fest 2015 ini para penontonpun mulai membubarkan diri dan terlihat ekspresi kebahagiaan dan kepuasan setelah menjadi bagian dari event musim panas tahunan dari Ismaya Live ini. Para performer WTF 2015 pun juga ikut bahagia dan sangat senang bisa tampil di Jakarta. Hal ini terlihat dari beberapa akun media social mereka yang mengungkapkan kebahagiannya bisa menjadi bagian dari WTF 2015 dan berharap bisa kembali lagi ke Indonesia dan memanjakan para penggemarnya. Thanks Ismaya Live for the greatest event. Can’t wait to be a part again in the next We The Fest. See you #WTF16!

Oleh : Dewe
Foto : Dewe

No comments:

Post a Comment