Banner

ADVERTISE

BOOK : Sejuta Cinta Tere Liye

|

padapanik.com - Siapa yang tidak tahu film Indonesia yang sempat booming di tahun nya berjudul "HAFALAN SHOLAT DELISA?" Berceritakan tentang gadis kecil asal Aceh yang sedang mengikuti ujian praktek sholat di tempat ngajinya ketika datang Tsunami yang membuatnya berpisah dengan seluruh anggota keluarganya. Film tersebut diangkat dari novel yang diciptakan oleh Tere Liye dengan judul yang sama yaitu HAFALAN SHOLAT DELISA. Tere Liye adalah seorang penulis asal Indonesia (Dengan nama asli Darwis) yang sudah menciptakan puluhan buku yang laris manis di pertokoan Indonesia. Dan untuk tahun ini kabarnya, beliau akan menerbitkan 3 buku sekaligus dengan judul HUJAN (sudah terbit di bulan Januari 2016), MATAHARI (pada bulan Juni 2016), dan TENTANG KAMU (Masih coming soon). Nah, untuk kalian yang belum pernah baca buku Tere Liye sebelumnya, padapanik.com bakal ngasih beberapa rekomendasi bukunya yang mungkin bisa bikin kalian langsung jatuh cinta saat pertama kali baca.

Daun yang Jatuh Tidak Pernah Membenci Angin


Cerita ini berawal dari seorang gadis (Tania) yang hidup dengan adik dan ibu kandungnya. Mereka tidak memiliki pekerjaan sehingga hanya mampu mengemis di sekitar terminal. Dan kemudian seorang laki-laki bernama Danar yang bekerja sebagai karyawan kasihan dan memberikan bantuan kepada keluarga tersebut. Kedatangan Danar yang seperti Malaikat bagi Tania karena merubah hidupnya menjadi lebih baik. Danar memberikan rumah kontrakan kepada Tania dan keluarganya hingga Tania dapat bersekolah lagi dan pada akhirnya ia bisa melanjutkan pendidikannya sampai ke Singapura. Tania sangat mengagumi Danar, lebih dari kebaikannya tetapi juga Danar yang memiliki paras yang menawan. Rasa cemburu menggeluti hati Tania  ketika ia mengetahui bahwa Danar sedang dekat dengan wanita bernama Ratna. Pada akhirnya Tania sadar bahwa perasaan yang selama ini ia pendam pada Danar bukan sekedar kekaguman, melainkan Cinta. Ia menjadi bingung karena tidak sepantasnya seorang gadis seumurnya menyukai pria yang umurnya terpaut 14 tahun dengannya. Selain itu ia merasa jika tidak pantas baginya mencintai seorang malaikat yang selama ini membantunya. Kebenciannya memuncak ketika Danar berniat untuk menikahi Ratna sehingga ia tidak datang ke pernikahan mereka walaupun sudah dibujuk. Kebahagiaan pernikahan Danar dan Ratna hanya bertahan beberapa saat ketika Dede (Adik dari Tania) memberitahukan jika Danar dan Ratna sudah tidak harmonis lagi. Ratna merasa jika ada sosok wanita lain yang ada di hati Danar yang masih belum bisa ia lupakan dan ternyata wanita itu adalah Tania. Pada akhirnya Tania sadar jika cinta tidak harus memiliki, ia kembali meninggalkan Indonesia untuk membiarkan Danar dan Ratna menjalin kebahagiaan mereka lagi.

Daun yang jatuh tidak pernah membenci angin. Dia membiarkan dirinya jatuh begitu saja. Tak melawan. Mengikhlaskan semuanya.

Sepotong Hati yang Baru dan Berjuta Rasanya


Keunikan dari novel Sepotong Hati yang Baru dan Berjuta Rasanya adalah keduanya yang memiliki tokoh karakter cerita yang sama tetapi dengan alur yang berbeda. Dari masing-masing novel berisi oleh 8 cerita pendek, seperti di Novel Sepotong Hati yang Baru dengan cerpen-cerpennya yang berjudul: Hiks, Kupikir itu Sungguhan (tentang cinta yang bertepuk sebelah tangan), Kisah Sie Sie (tentang pernikahan orang Tionghoa dengan WNA), Sepotong Hati yang Baru (tentang perasaan patah hati seseorang), Mimpi-Mimpi Sampek Engtay (tentang ketulusan), Itje Noerbaja dan Kang Djalil (tentang usaha pergerakan dari para pesuruh dan pemimpin di zaman colonial Belanda), Kalau Semua Wanita Jelek (tentang wanita yang menginginkan tubuh ideal dan kesempurnaan), Percayakah Kau Padaku (tentang kisah Rama dan Shinta), dan Buat Apa Disesali (tentang kisah cinta Hesty dan tigor). Untuk novel Berjuta Rasanya memiliki karakter cerita yang sama tetapi dengan permasalahannya yang berbeda. Cerpen-cerpen yang terdapat dalam kedua novel ini diangkat dari kehidupan-kehidupan sosial yang ada dalam masyarakat sehingga pembaca akan mengerti makna dari masing-masing cerita yang disuguhkan.

Cinta bukan sekedar soal menerima apa adanya. Cinta adalah harga diri. Cinta adalah rasionalitas sempurna (Sepotong Hati yang Baru).

Bumi, Bulan dan Matahari


Bumi, Bulan dan Matahari merupakan 3 novel fantasi berseri ciptaan Tere Liye yang bercerita tantang gadis berusia 15 tahun bernama Raib yang memiliki kekuatan tidak selayaknya manusia biasa. Dengan menutupkan wajahnya dengan telapak tangannya, ia dapat menghilang. Kemudian ia bertemu dengan Seli dan Raib yang merupakan teman-teman sekelasnya. Kehidupan Raib berubah ketika ia mengetahui (melalui Seli dan Ali) jika ia bukan makhluk dari klan bumi dan ternyata mereka memiliki kekuatan masing-masing yaitu Seli dengan kemampuan mengeluarkan petir dan Ali yang merupakan manusia biasa tetapi memiliki otak yang brilian. Petualangan mereka dimulai sejak insiden jatuhnya tiang listrik dan membuat ketiganya tersesat di klan Bulan. Di Serial selanjutnya, novel bercerita tentang petualangan mereka ke klan Matahari dan mengikuti festival pencarian bunga matahari yang mekar pertama kali selama 9 hari.

Demikianlah beberapa judul novel karangan Tere Liye yang bisa menjadi rekomendasi bacaan anda untuk mengisi waktu luang. Selamat membaca!

Penulis :
Novia @noviafadina, Pembaca setia Tere Liye dari klan Bumi

Foto : infospesial.net / di edit padapanik.com

No comments:

Post a Comment