Banner

ADVERTISE

X-MEN - APOCALYPSE : MUTANT YANG PANDAI MENCURI PERHATIAN

|

padapanik.com - apa? X-Men Apocalypse udah tayang? Beberapa teman seperti tidak percaya, Captain America civil war belum berakhir di bioskop dan sekarang salah satu film marvel yang ditunggu tayang namun euforia nya tidak begitu terasa. Mungkin karena kekurangan biaya promosi, Sekuel dari X-MEN ini tidak begitu heboh. Well, bioskop masih penuh di hari saya nonton, dan perlu di ketahui kalau itu pukul 23.00 pastinya bakal lebih ramai lagi jika waktu itu saya menonton nya di jam-jam favorit penonton bioskop.
Sejak awal saya lebih tertarik dengan Avengers. Namun setelah film ini, saya memilih berbalik arah, mutant-mutant tersebut berhasil mencuri perhatian saya..
Beberapa detik setelah bumper Century Fox yang fenomenal saya sudah terpikat dengan visual zaman mesir kuno. Mengangkat unsur dewa mesir, sedikit iluminati dan pesan-pesan tersirat lainnya. Menonton X-Men seperti menyelesaikan puzzle (khususnya buat kamu yang gak baca komik asli nya) karena alur cerita nya yang maju mundur. Sekuel ini juga akan menjawab beberapa pertanyaan kalian seputar X-Men selama ini, atau bisa jadi film ini bakal menjawab semua pertanyaan. 
Apocalypse bercerita tentang Mutant pertama di dunia (menurut mereka) yang hidup di zaman mesir kuno. Dia diakui sebagai dewa saat itu, dan ia selalu menjadi lebih kuat dengan menyerap kekuatan mutant lainnya dengan semacam ritual persembahan di beberapa film dengan latar mesir. Sayangnya, beberapa oknum meyakini bahwa Apocalypse atau En Sabah Nur (Oscar Isaac) adalah dewa palsu dan mengkhianati nya. Akhirnya ia terlelap selama ratusan tahun dibawah tanah. Namanya tertidur, yah pasti bangun lagi. Kebangkitan nya membawa malapetaka. Dunia di buat kiamat kecil. Sementara itu, Magneto (Michael Fassbender) di belahan dunia lain kembali di galaukan dengan pengambilan sikap nya terhadap ketidakadilan manusia terhadapnya. Sisi lain lagi menggambarkan pertentangan keputusan Proffesor Charler Xavier (James McAvoy) terhadap mutant di sekolahnya yang diajarkan tentang kehidupan dan bagaimana cara mengendalikan kekuatan, sedangkan beberapa pihak menuntut untuk prof mengajarkan para mutant bertarung untuk kebutuhan dunia dan diri sendiri suatu saat nanti. Bagaimana film berdurasi 144 menit ini menarik perhatian? 

Apocalypse dalam film ini mengaku sebagai bapak dari seluruh mutant di bumi. Kebangkitannya menyakini sebagai zaman pembalasan (kiamat) sudah tiba dan akan di gantikan dengan dunia yang baru. Di zaman mesir kuno, Apocalypse mengaku dipuja dengan nama Ra (Nama dewa mesir), jika dalam dunia muslim saya percaya ia coba digambarkan sebagai dajjal. Dan salah satu review film ini di blog yang saya temui meyakini Apocalypse coba digambarkan seperti kiamat di Al-Kitab yang di tuliskan akan kedatangan four horsemen yang terdiri dari Death, Famine, War dan Pestilence hal tersebut mewakili 4 mutant yang menjadi pengikut Apocalypse. Menarik untuk di jadikan referensi. Untuk membuat cerita ini sepertinya di butuhkan banyak sekali riset. 

Kehadiran Angel (Ben hardy), seorang mutant pria bersayap putih melawan kembali nya karakter Nightcrawler (Kodi Smith) yang lincah dan kemampuan teleportasi yang sangat cepat sudah mulai menarik perhatian, kapan terakhir X-men memunculkan Nightcrawler di film? mungkin banyak yang sudah lupa. Dia berhasil menarik perhatian, meskipun poninya sangat menganggu *duh.
Tadinya saya selalu berpikir kalau X-Men hanyalah soal Logan a.k.a Wolverine yang selalu tampil mendominasi. Khusus film ini, dia hanya muncul sebagai cameo sekitar 5 menit lalu pergi. Saya merasa ia seperti memberi isyarat "hey, sekarang giliran kalian, lakukan sebaik mungkin selama saya tidak muncul di film". 
Dan tentu saja, Quicksilver (Evan Peters) berhasil menjadi man of the match dalam film ini. Aksi nya yang mengagumkan di "Days of future past" menjadi candu. Lalu muncul bersama adiknya di Avengers "Age of ultron" setelah membayangkan betapa keren nya mutant gesit ini jikalau bergabung dengan tim Avengers, ia mati. Dan kebangkitan Apocalypse memberi kebangkitan juga pada Quicksilver sebagai karakter superhero. Sebelum menonton film ini, saya sempat membaca salah satu postingan di kaskus yang melakukan vote terhadap adegan paling keren di film ini, dan adegan Quicksilver saat menyelamatkan mutant di sekolah menjadi adegan paling favorit. Enggak hanya saya, ia memikat banyak sekali agan-agan kaskuser. Saya sama sekali tidak malu bersorak di bioskop saat ia memulai aksinya, karena saya tidak sendirian. Semuanya menunggu Quicksilver. Jangan lupa ada ninja mutant Psylocke yang juga akhirnya dimunculkan. 

Penulisan film ini sepertinya cerdas sekali membaca pikiran penonton. Saya seperti bermain game. Sejak menonton pikiran saya selalu berusaha untuk menempatkan diri sebagai penulis atau sutradara. "Nah, setelah ini seru kalau si A,B dan C bersatu melawan si D" dan beberapa menit kemudian terjadi, begitu seterusnya. Btw, saya bukan mentalist. Saya berspekulasi dalam hati untuk mengatur adegan nya agar seru dan semuanya terjadi. Bukan berarti cerita film ini mudah ditebak, tapi film ini tau apa yang diinginkan penonton. Salah satu poin penting nya adalah saya selalu benci ketika terjadi peperangan antara manusia super, manusia biasa ikut campur hanya dengan pistol kecil nya yang jelas-jelas enggak mempan dan tempur nya yang mudah jatuh. Semuanya useless tapi tetap dilakukan. Di film ini hal tersebut tidak ada sama sekali. Good job! 

Oh iya, jangan tanyakan soal graphics karena saya bisa menjamin tentang kualitas nya yang gila. Editor dan Special Effect nya kayaknya harus mengurangi jam tidurnya untuk menyelesaikan efek-efek rumit tersebut. Saya lupa poin apa yang harus saya ambil untuk menjelaskan sisi jeleknya dari film ini, saya berkesan di kepala saya adalah visual yang epic, alur cerita yang sangat baik dan mutant-mutant yang pandai mencuri perhatian. Saya bahkan sempat menanyakan ke teman setelah nonton tentang kekurangan film ini, katanya dia bingung. Kalaupun ada kekurangan, sudah tertutupi semuanya. Dan saya shock melihat rating nya di IMDB yang hanya 7,6. Apa yang salah? mungkin karena reviewer nya belum mencapai angka 200 kali yah. Semoga ada perubahan, kalau enggak review ini akan terasa sangat lebay dan saya akan berpikir 2 kali untuk menerbitkannya. 

Sayang sekali saya enggak sempat melihat adegan extra di akhir credit title. Yah, duduk di posisi dengan view terbaik layar bioskop versi teman saya membuat AC tepat berada di atas kami dan membuat saya menahan pipis level terakhir. lalu keluar dari toilet dan berpikir "apa yang harus saya tulis untuk review film ini yah". 

Penulis :
Ashari @arhieashari, penulis rubrik film dengan referensi film yang paling sedikit. 

1 comment:

  1. Join the great illuminati to change you life for the better
    666'' do you wish to be a member of illuminati and
    acquire instant and automatic wealth,join now and
    get your heart desire riches, fame, power to do
    what every you wish to do and control people around
    the world call us on this number +2348073132649). at
    our mail (illuminatitemple654@gmail.com) join now and become a great
    man/woman

    ReplyDelete