Banner

ADVERTISE

EDUKASI DAN KOMEDI, CHANNEL KREATIF KOMIKA BOGOR

|
padapanik.com - Youtube lebih dari TV ? Seperti nya masih harus diperbebatkan panjang. Youtube saat ini mejadi pilihan mayoritas anak muda untuk menonton. Setelah bermunculan nya istilah youtubers di Indonesia, seperti membuka peluang dan mimpi besar orang banyak tentang channel youtube yang sebelumnya mayoritas di buat hanya untuk meninggalkan komentar di video kesukaan.

Youtube di Indonesia kini sudah memiliki content creator yang mungkin sudah tidak terhitung jumlah nya. Sayangnya keadaan ini tidak membuat para kreator baru sadar bahwa untuk bertahan butuh effort yang berlebihan, padapanik sebagai anak baru di youtube pun masih sangat kewalahan dalam memproduksi konten yang baik. Selain memanfaatkan momen, para kreator harusnya memiliki standar atau gengsi nya sendiri untuk memproduksi video mereka sendiri. Kalau enggak, jangan pernah dengan bangga menyanyikan anthem "youtube lebih dari TV" karena hanya membuat para karyawan televisi tertawa sinis. Televisi hari ini miskin konten, mungkin karena tuntutan durasi. Tapi ingat bahwa mereka punya kualitas video yang baik, apalagi didukung perlengkapan yang sudah sangat sulit dikejar. Sekarang banyak beredar konten video dengan kualitas minim dan konten yang kosong, terus apa yang bisa di banggakan? Youtube hadir hampir tanpa batasan yang nantinya akan lebih berpeluang menjadi lebih bagus atau menjadi lebih buruk dari TV.

Jika menganggap diri sebagai Youtube content creator maka kita harus punya standar video kita sendiri, jika tidak mampu memberikan kualitas audio dan visual karena keterbatasan alat, maka berjanji lah pada penonton youtube akan membuat konten yang baik. Padapanik juga sedang berusaha menerapkan hal ini. Video kita punya tanggung jawab moral terhadap generasi bangsa. Kecuali bagi yang menganggap youtube tidak lebih kayak sosial media biasa.

Yah, opening nya kepanjangan ...

Oke abaikan, kita sebagai kreator baru sepertinya belum pantas ngomongin hal tersebut. Maneh saha?

Kali ini konten youtube list akan ngasih rekomendasi channel keren lagi nih. Namanya "Sepulang sekolah". Kalau ngelihat dari talent dan director nya, channel ini fix milik anak-anak stand up indo bogor karena mayoritas di perankan oleh komika (sebutan stand up comedian) dan di direktori oleh Koide Namizo salah satu komika dari komunitas stand up indo bogor juga.

source : twitter.com/sepulangsekolah
Setelah menelusuri channel mereka, sebelumnya mereka aktif membuat komik strip di media sosial dengan membahas isu sosial dengan komedi. Nah, sekitar 4 bulan yang lalu. Sepulang sekolah mulai aktif di channel youtube dengan yang menarik. Konten mereka di beri judul "Studi Banting", mungkin plesetan dari studi banding yang ingin ngasih tau kalau kita bisa belajar dan ngambil contoh dari lingkungan sekitar kita, gak perlu jauh-jauh nguras duit dan waktu. Studi Banting selalu di perankan oleh Koide dan Jui Purwoto dengan pembagian peran diantaranya Koide adalah siswa yang selalu mengeluh tentang pelajaran di kelasnya. Sedangkan Jui yang biasanya kocak malah menjadi karakter yang sedikit serius yaitu sebagai siswa cerdas yang punya passion di bidang IPA tapi di paksa orang tua nya masuk IPS, sebuah plesetan yang cerdas.

Studi Banting kenyataannya adalah konten edukasi yang di bumbuhi jokes ala komika. Bahkan beberapa jokes sangat familiar dengan bit yang sering di bawakan di panggung stand up comedy.
Ini beberapa video mereka :

                  

Kalau nonton video ini, jadi teringat bit Sammy Notaslimboy yang membahas supply & demand dengan analogi cewek cantik jual mahal karena jumlah nya sedikit, sedangkan yang mau banyak. Hal ini di kembangkan lagi oleh mereka dengan analogi "gak selamanya orang ganteng itu laku, kadang yang jelek itu bisa laku" lalu di lanjutkan dengan pembahasan lebih lanjut dari teori supply & demand "di titik supply yang sangat langka, harga tidak lagi di tentukan oleh kualias barang". Cerdas!


                    

Dulu waktu sekolah, kita sering banget terkecoh dengan perkalian "- x - = +" saat muncul di soal ulangan harian. kenapa bisa kayak gitu? bagi yang kurang nyimak saat sekolah sampai saat ini pasti gak nerima alasannya. Di video tersebut dijelaskan dengan analogi "orang gak bener ketemu dengan orang gak bener, hasilnya pasti bener. Bagi mereka." akhirnya bisa tidur dengan nyenyak.

                  

Hasil video dan audio yang sudah sangat baik tidak membuat mereka puas. Di episode 4 mereka berani membuat video berdurasi 4 menit menjelaskan tentang rantai makanan dengan metode "sekali take", berapa kali gagal yah? Sebuah tantangan bagi mereka sendiri untuk menjadi lebih baik. Keren.
Oh iya, channel ini juga mendapat apresiasi dari youtubers ternama seperti Usama Harbatah dan Cameo project yang mendukung channel ini melalui komentar positif nya.

Untuk konten sebaik ini, video ini harusnya mendapatkan lebih banyak views dan subscriber. Di tengah maraknya komika yang membuat channel youtube, mereka berani membuat konten yang berbeda dan serius. Kami tunggu video-video selanjutnya dari teman-teman sepulang sekolah.

Penulis :
Ashari @arhieashari, bocah yang suka nonton youtube.
Youtube list adalah konten blog yang berisikan rekomendasi video atau channel youtube, jika ingin ikut merekomendasikan bisa melalui komentar dibawah. Ssst, di utamakan youtubers Indonesia.  

No comments:

Post a Comment