Banner

ADVERTISE

Hunting Foto dan Belajar Seni di Nu Art Sclupture Park

|

padapanik.com - Menghabiskan waktu liburan di Bandung dengan hangout ke luar rumah, nampaknya menjadi salah satu kegiatan yang tidak pernah melahirkan perasaan bosan bagi siapapun. Hampir setiap pekan, berbagai sudut tempat wisata di kota Kembang selalu ramai dipenuhi wisatawan domestik maupun asing. Udara yang sejuk dan banyaknya potensi alam yang tidak habisnya untuk dinikmati menjadikan Bandung selalu menjadi magnet bagi orang-orang untuk datang berlibur.



Nah, kalo kamu udah ngulik berbagai tempat  wisata alam di Bandung dan mulai bingung cari tempat asik dimana, pada rubrik padapiknik kali ini saya akan kasih rekomendasi tempat wisata yang beda, tidak terlalu ramai, tapi mampu menyihir kamu untuk betah berlama-lama di sana. Di tengah hiruk pikuk kehidupaan perkotaan, tempat wisata yang satu ini nampaknya bisa jadi alternatif yang cocok buat kamu yang pengen hunting foto atau sekedar menikmati suguhan karya seni bernilai tinggi. Nama tempat ini adalah Nu Art Sculpture Park, sebuah museum galeri seni yang sangat luar biasa eksotis dan mampu membuat mata pengunjung berdecak kagum dan mematung dalam waktu yang bersamaan. Berlokasi di Jl. Sutra Duta Kencana II/11, Bandung, tempat yang mempunyai luas sekitar 3 hektar ini menyimpan berbagai karya seni hasil tangan dingin dari seniman Nyoman Nuarta.


Nama Nyoman Nuarta sendiri mungkin sudah tidak terdengar asing  bagi sebagian kalangan, apalagi kalo kamu pecinta seni. Bagaimana tidak, buah tangan sang maestro dalam bidang seni ini telah menjadi salah satu icon terbesar di pulau Bali. Yap, patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) yang direncanakan akan mencapai 150 meter ini adalah karyanya. Patung yang masih dalam proses pengerjaan ini konon akan menjadi salah satu patung monumental terbesar dan tertinggi di dunia.

Berdasarkan berita yang saya baca adari internet, kepopuleran dari Nyoman Nuarta sendiri semakin dikenal setelah dia sukses menghasilkan banyak karya seni berupa ratusan patung dengan mengusung gaya natural dan modern. Bahan dasar pembuatan patung yang dia gunakan banyak menggunakan kuningan hingga tembaga. Saat masih menjadi mahasiswa pada tahun 1979, I Nyoman Nuarta memenangkan Lomba Patung Proklamator Republik Indonesia, lomba ini adalah awal dari ketenaran I Nyoman Nuarta. Gak heran kalo sekarang patung buatan alumni mahasiswa Fakultas Seni Institut Teknologi Bandung (ITB) ini telah tersebar ke berbagai daerah, baik dalam maupun luar negeri.


Jika sahabat padapiknik singgah ke Nuart, ada banyak kegiatan wisata asik dan menarik yang bisa kamu lakukan. Di tempat ini kamu bisa melihat secara lebih dekat hasil karya sang seniman dan mempelajari makna dari setiap patung atau lukisan yang dia ciptakan. Sebagai orang awam, penulis tidak hentinya terpukau melihat satu persatu karya beliau yang dikerjakan dengan begitu detail, berestetika, dan difikirkasn secara matang. Rasanya dia bukan hanya memiliki teknik yang baik dalam mempelajari seni patung tapi tuhan juga telah menganugerahkan bakat luar biasa sehingga kedua hal tersebut mampu berpadu melhirkan karya seni yang indah.
Bangunan Nu Art Sculpture Park Bandung sendiri terdiri dari tiga lantai dengan luas 1000 meter persegi. Bagian dalam bangunan dimanfaatkan untuk memajang patung, lukisan, dan coffe shop. Sementara bagian luar dimanfaatkan untuk memamerkan patung yang berpadu dengan taman. Bagi pengunjung yang ingin melihat film dokumenter mengenai proses pembangunan NuArt, ada fasilitas teater yang dapat dinikmati oleh pengunjung di lantai tiga gedung. Jika kamu ingin menikmati fasilitas ini, datanglah jam tiga sore karena tidak semua pengunjung bisa menonton di waktu yang mereka inginikan.

Tiket masuk Nu Art sendiri terbilang cukup murah yaitu Rp.50.000 untuk umum dan Rp.25.000 bagi pelajar atau mahasiswa. Galeri seni ini buka setiap hari dari pukul 09.00 hingga pukul 18.00 WIB di waktu weekday dan pukul 11.00- 22.00 WIB pada hari sabtu dan minggu. Bagaimana tertarik untuk datang ke sini? Tempat ini bukan hanya menawarkan tempat yang nyaman buat kamu nongkrong tapi juga membuka wawasan yang lebih buat kamu mengenal seni. Jika kamu berniat untuk menggali lebih dalam tentang makna dari bentuk atau model patung yang beragam, ada jasa tour guide yang dapat memandu wisata kamu di sana. Sayangnya waktu penulis main ke sana, sang tou guide sedang tidak bertugas sehingga tidak banyak informasi yang bisa penulis gali. Nah jadi tunggu apalagi, datang dan nikmati sensasi berbeda di area Nu Art Sclupture Park, di tempat ini banyak objek foto yang bisa kamu manfaatkan untuk dibagikan kepada para pengikut kamu di instagram.


Penulis :
Feari @fearikrisna, spesialis konten "out of the box" dan "padapiknik"

No comments:

Post a Comment