Banner

ADVERTISE

STAN LEE SUPERHUMAN SESUNGGUHNYA..

|

padapanik.com - Siapa yang tidak kenal dengan sosok Stan Lee? (Yang ngaku anak marvel tapi gak tau awas aja!) Beliau adalah komikus Marvel Universe sejak tahun 1941. Tapi udah pada tau gak kalau usia dari Stan Lee sudah 94 tahun? Banyak anggapan bila dirinya adalah  superhuman sesungguhnya,  karena masih sehat dan tidak pernah absen bermain sebagai cameo di film-film garapan Marvel Studios. Itu loh kakek-kakek yang selalu ada di film Marvel.


Stan Lee memang sudah tidak aktif lagi menciptakan tokoh-tokoh komik maupun buku. Ia lebih aktif untuk datang ke diskusi-diskusi panel, sebagai pembicara dikelas-kelas, ataupun datang di acara yang berkaitan dengan Marvel Studios. Sempat ada pertanyaan dari reporter yaitu : “Apa yang terjadi andaikan legenda komik Marvel, Stan Lee meninggal dalam waktu dekat ini?” sebuah pertanyaan yang suram memang sempat terbersit di kepala Stan Lee sendiri. Lee yang lahir dengan nama asli Stanley Martin Lieber menjawabnya dengan sedikit sindiran. Lee pertama menyindir bahwa ia tidak akan memberikan 'lolongan' setelah ia meninggal, dan kemudian memberikan respon yang lebih serius.

"Tidak ada yang akan terjadi," jelas Lee. "Semua yang saya lakukan adalah pergi ke panel seperti ini, dan konvensi. Saya tidak membuat buku lagi. Mereka memiliki banyak orang jenius yang membuat buku hebat, dan film-film hebat." "Saya akui, kita mungkin kehilangan adegan cameo saya," tambah Lee. Sebuah ungkapan yang rendah hati dari seorang komikus ternama.

Lee membuat revolusi komik pada dekade 60-an. Komik-komik Marvel dikenal memiliki ciri khusus dibanding komik keluaran DC. Saat itu, banyak pecinta komik yang kemudian beralih pada kisah-kisah yang dikeluarkan Marvel. Mereka tertarik dengan gaya penuturan dan penokohan karakternya. Dalam proses kreatifnya, Lee selalu berdiskusi dengan para seniman sebelum membuat sebuah kisah. Ia hanya tertarik dengan garis besar cerita yang akan diangkat oleh seniman. Hal inilah yang membuat seniman-seniman komik merasa bebas berkarya di Marvel. Stan Lee tahu bahwa komik memiliki pengaruh yang cukup efektif dan bisa digunakan untuk kampanye. Ia pernah membuat komik Spider Man untuk menggalang kampanye anti penyalahgunaan obat-obatan. Ia juga pernah menggunakan komik untuk aksi anti rasisme. Atas dedikasinya pada dunia komik, Lee telah dinobatkan dalam berbagai penghargaan. Namanya pernah tercatat dalam Will Eisner Comic Book Hall of Fame.

Kiprahnya di dunia komik sudah tidak bisa dibantahkan lagi. Stan Lee meninggalkan warisan yang bisa membuat para pecinta komik tergila-gila dengan beberapa tokoh buatannya. Sudah banyak Superhero yang dibuatnya dan menginspirasi banyak orang juga.  Dibalik superhero yang bisa terbang, lincah dan selalu membela kebenaran, Stan Lee lah Superhuman sesungguhnya. 

Penulis : 
Alta @altatitus, geek di tengah-tengah marvel atau DC..

Bisa Nulis kan? Bisalah yah yah yah...
Kalian bisa ikut mengirimkan tulisan ke padapanik.com loh! Tapi gak semua pembahasan bisa masuk. Kalian harus paham dulu pembahasan seperti apa yang cocok buat padapanik. Kalau udah, kirim tulisan dengan format ms-word ke email padapanik@gmail.com jangan lupa sertakan nama dan medsos kamu yah. Oh iya, kalau ada ilustrasi gambar, kirim secara terpisah. Ditunggu! 

No comments:

Post a Comment