Banner

ADVERTISE

Menyaksikan Vina Panduwinata di gigs kampus dengan nuansa EDM

|

padapanik.com - Halo kawula muda Bandung, gimana nih malam minggu kamu kemarin? Hmm... kalo malam minggu kamu kelabu dan cuma diem di rumah. itu tandanya loe lagi sial! Gimana engga, tepat pada 26 November 2016 mahasiswa Telkom University ngadain acara tahunan yang keren dan udah konsisten berlangsung selama sebelas tahun yaitu Charity Concert bertajuk STEROID (Stereo Act Against Aids).

Menjelang peringatan hari AIDS sedunia yang jatuh pada tanggal 1  Desember 2016. Mahasiswa Telkom University rutin menggelar event ini pada penghujung tahun. Event ini menjadi salah satu gigs musik yang mengusung tema kemanusiaan dan cukup sukses menarik perhatian warga Bandung. Yap berdekatan dengan hari AIDS sedunia, ajang ini memang didedikasikan bagi para korban yang terjangkit HIV. Tujuan digelarnya kegiatan ini juga untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap ODHA (Orang Dengan HIV Aids).

Lalu apa yang spesial dari konser ini dibandingkan dengan event musik lain? Kalo kamu menjadi salah satu pengikut setia event ini dari awal, kamu mungkin bakal bisa ngerasain kalo gigs ini tuh selalu menyuguhkan line up artist yang semakin meningkat setiap tahunnya. Setelah berhasil melakukan gebarakan dengan mendatangkan diva yang booming di era 90’an Reza Artamevia tahun kemarin, kini Steroids kembali melakukan hal serupa dengan menggaet salah seorang legenda diva tanah air yaitu Vina Pandu Winata. Meeeen!!! kapan lagi liat Vina Panudwinata di acara pensi anak muda.

Yah inilah menurut saya yang pada akhirnya membedakan event Steroids dengan gigs serupa. Bosan gak sih ngeliat event musik yang menyuguhkan bintang tamu yang itu-itu aja? kehadiran artis yang belum pernah diliput tentu mengundang rasa antusias yang besar bagi saya selaku reporter dan mungkin juga kamu sebagai penikmat musik. Setuju gak kalo sesuatu yang pertama itu selalu mengundang rasa penasaran? seperti pertama kali masuk sekolah, pertama kali mengenal gebetan mungkin, atau pertama kali waktu loe disunat. Dan inilah kali pertama saya menonton Vina Panduwinata secara live setelah bertahun-tahun hanya mendengar suarannya lewat radio, tape, TV atau bahkan suara sumbang ibu dan bapak yang menyanyikan tembang hits Vina di kala saya belum mengenal Raisa Andriana hehehe.

Vina Panduwinata sendiri diagendakan akan menghibur sekitar pukul 19.00 WIB. Sambil menunggu sang burung camar hinggap di atas panggung, pengunjung dimanjakan oleh penampilan band Barasuara dan grup vokal HIVI. Band rock yang masuk ke dalam daftar 20 album terbaik versi majalah Rolling Stone Indonesia tahun 2015 ini sukses meghentak panggung dan menghibur pengunjung yang didominasi oleh anak muda. Energi postif tersebut dilanjutkan oleh HIVI yang sukses menghidupkan suasana venue dengan nomor lagu hits dan gimmick lucu para personelnya. Kehadiran Neilda sebagai anak bungsu yang bergabung bersama HIVI selama 6 bulan ini juga menjadi salah satu hal baru yang terlihat menarik perhatian penonton di event musik besar tahun ini.


Setelah HIVI memberikan salam perpisahan kepada pengunjung lewat lagunya Dari Mata Turun ke Hati, beberapa penonton mulai nampak tak sabar dan meneriakan nama mama Ina sapaan akrab Vina Panduwinata dari berbagai penjuru. Saya pun mulai mencari posisi terbaik untuk menikmati suguhan musik Vina Panduwinata dari spot VVIP. Namun, mengingat tempat duduk yang tersedia di sana sudah tak tersisa, akhirnya saya berdiri di sudut kiri area VVIP bersama juru tulis dan fotografer lainnya. Sayang sekali memang dalam event ini, panitia tidak menyediakan area barikade bagi para jurnalis untuk mengambil gambar. Apa dikata namanya juga gratisan terima aja, gak heran kalo pada akhrinya saya lebih banyak menikmati event ini dari sudut pandang penonton.


Tak lama berselang, suara serak khas mama Ina pun mulai terdengar menggetarkan panggung Steroids. Membuka penampilannya lewat lagu Dia, riuh suara penonton mulai terdengar dari berbagai sudut dan menyambut ramah kedatangan mama Ina di Bandung. Jika pada penampil sebelumnya penonton berusia dewasa lebih banyak diam dan duduk menikmati lagu, hal itu berbanding terbalik saat diva yang mengenakan dress berwarna pink bermotif hitam ini menghibur. Penonton yang umurnya gak beda jauhlah sama bapak dan ibu saya di rumah, nampak mulai asik bernyanyi mengikuti potongan-potongan lirik yang dikicaukan Sang Burung Camar. Beberapa pengunjung di bangku VIP juga mulai berdiri menikmati musik yang dibawakan mama Ina. Namun, ada saja loh penonton yang mungkin terlalu muda dan masih asing mendengar lagu yang dibawakan mama Ina. “Hey kamu, tong cicing wae atuuuuh, nyanyi. Can lahirnya pas Mama Ina nyanyi lagu ieu,” ujar Vina di atas panggung.

Selain berhasil mengembalikan kenangan masa lalu lewat lagu Di Dadaku ada Kamu, Biru, dan Aku Makin Cinta. Mama Ina juga rupanya menggaet musisi kenamaan seperti Ikmal Tobing dan DJ Goeslan di panggung Steroids. Nampaknya Mama Ina sedang mencoba untuk beradaptasi dengan selera musik anak muda jaman sekarang yang sangat akrab dengan nuansa musik EDM. Beberapa lagu pun sukses diaransemen ulang lebih kekinian seperti diantaranya Burung Camar, Logika, dan Surat Cinta. Lewat penampilannya tersebut, Mama Ina nampak energik beratraksi di atas panggung bahkan tak segan melepaskan sepatu yang dikenakannya untuk mengibur penonton.


Acara Seteroidspun akhirnya ditutup oleh penampilan Maliq&D’essentials dan Glenn Fredly. Kedua line up artist tersebut memang tidak pernah gagal membuat penonton kenyang dan puas menikmati dengan suguhan musik yang mereka sajikan. Suasana yang hangat dari penonton bahkan membuat Glenn Fredly rela memberikan satu lagu tambahan di akhri penampilannya secara spontan loh. Melihat jarum jam yang telah menunjukan waktu lebih dari pukul sebelas malam, Glennpun sukses menutup pagelaran Steroids tahun ini lewat tempang Cukup Sudah.


Gak heran kalo event Steroids berhasil menarik penonton dari berbagai kalangan usia, nampaknya kehadiran dua diva yang didatangkan secara berutut-turut setiap tahunnya mampu menjadi nilai tambah dan menambah list penonton berusia dewasa untuk datang ke acara musik yang lazimnya didominasi oleh usia muda. Nah buat warga gigs Bandung yang mungkin gak punya temen untuk diajak ke acara Steroids tahun depan, kehadiran artis sekelas Reza atau Vina yang mungkin bakal hadir juga nanti, bisa jadi peluang dan kamu manfaatin nih nampaknya buat kamu ngajak orang tua ke acara ini. So, pantau terus updatean Steroids 2017 ya warga gigs Bandung, see you!

Penulis :
Feari Krisna @fearikrisna
Foto :
 Dwiki Amanda @iamdewe

No comments:

Post a Comment