Banner

ADVERTISE

Manequinn Challenge di Konser D'Essentials of Groove

|

padapanik.com - Hallo warga Bandung, ada yang tau gak sih malem sabtu kemarin ada acara apa di Trans Studio Bandung? Yap, tepatnya pada Jum’at 2 Desember 2016 kemarin Trans Studio Bandung dihebohkan dengan diadakannya Konser Kolaborasi antara Maliq and D’Essentials dan The Groove. Konser Kolaborasi ini bertajuk sesuai dengan nama band mereka yaitu “D’Essentials of Groove”. Konser ini diadakan untuk menyambut Anniversary masing-masing.

Setelah sebelumnya konser ini diadakan di Jakarta dan sukses membius para penggemarnya, kali ini D’Essentials of Groove sukses membuat para penggemarnya di Bandung tak henti bernyanyi sepanjang malam. Tepat 1 jam sebelum konser dimulai para penonton mulai banyak yang berdatangan dan menunggu antrian untuk menukarkan tiketnya. Banyak dari penonton yang menggunakan baju nuansa putih, karena dari pihak panitia menyarankan untuk menggunakan Dress Code bernuansa putih. Para penonton yang datang banyak dari berbagai kalangan, dimulai dari kalangan muda-mudi hingga kalangan dewasa.

Jam menunjukkan pukul 19.45 WIB, para penonton sudah mulai memenuhi area stage dan tak sabar menanti konser untuk segera dimulai. Tidak lama kemudian, musik mulai berdentum yang menandakan konser akan segera dimulai. Konser D’Essentials of Groove dibuka dengan penampilan pertama dari MALIQ and D’Essentials dengan membawakan lagu andalan mereka dalam album Free Your Mind (2007) yang berjudul Heaven. Para D’Essentials (sapaan fans MALIQ and D’Essentials) menyambut dengan suka ria dan ikut bernyanyi bersama.

Dilanjutkan dengan lagu kedua MALIQ and D’Essentials mengajak penonton untuk ikut terus ikut bernyanyi, Setapak Sriwedari membawa penontonnya dalam suasana bahagia. Lagu ini merupakan lagu kedua mereka yang dibawakan dalam konser ini. Penampilan MALIQ & D’Essentials dikemas semenarik mungkin dan berbeda. Mereka menggunakan pakaian bernuansa putih sesuai dengan dress code yang dikenakan para penonton.

Kangen merupakan lagu ketiga yang dibawakan oleh MALIQ & D’Essentials, mereka membawakan lagu ini dengan syahdu dan membawa penonton untuk tak hentinya ikut bernyanyi bersama sepanjang malam. Namun, ada yang unik pada penampilan kali ini. Seperti yang kita tahu sekarang sedang maraknya challenge kekinian yang cukup viral di kanal Youtube, yaitu Manequinn Challenge. Tak mau kalah, MALIQ & D’Essentials mengajak seluruh orang yang memenuhi Trans Convention Hall untuk mengikuti Manequinn Challenge tersebut. Seluruh penonton diajak untuk bersiap pose sebagus dan seunik mungkin sebelum akhirnya para penonton berpose diam selama beberapa detik dan musik yang mengiringi pun ikut berhenti. Kameraman pun ikut mengabadikan moment yang cukup unik dan kekinian ini. Setelah beberapa detik, musik mulai berbunyi lagi dan dilanjutkan bergoyang bersama.


Berlanjut mengajak terus bergoyang MALIQ & D’Essentials membawakan lagu selanjutnya Terdiam, Mendekat Melihat Mendengar, dan Untitled. Ada satu hal yang unik saat membawakan lagu Untitled, tidak seperti biasanya lagu ini dibawakan oleh Indah dan Angga (Vokalis) namun dikonsep dengan unik lagu ini dibawakan secara akustik Oleh Widi (Drummer) dan Lale (Gitaris) di panggung yang berbeda dan terpisah. Widi menyanyikan lagu ini diiringi gitar bersama Lale, dan kemudian ikut ditemani oleh Ilman (Keyboardist). Suasana bertambah syahdu saat lampu dimatikan hanya menyorot Widi dan Lale diikuti dengan tiupan balon sabun dan permainan laser yang cukup menarik perhatian. Penampilan ini membuat suasana semakin membuat penonton panas untuk terus bernyanyi dan bergoyang bersama. Tak hanya itu sebelum lagu ini selesai dinyanyikan Widi, Lale, dan Ilman kembali ke stage utama dan kembali melanjutkan lagu. Indah, Angga, dan Lale kemudian turun stage dan ikut berbaur dengan para penonton.

Setelah terhanyut oleh suasana yang cukup syahdu dan agak-agak galau, MALIQ & D’Essentials melanjutkan lagu Drama Romantika dimana lagu ini bernuansa agak sedikit dangdut namun tetap dengan ciri khas musik modern khas mereka. Sebelum lagu memulai lebih lanjut, muncul beberapa orang menggunakan kostum warna cerah ikut memenuhi stage utama. Yap, mereka adalah The Groove! Stage utama pun terlihat dipenuhi oleh mereka dan ikut meramaikan suasana. Para penonton berteriak kencang menyambut kedatangan The Groove di atas stage. Lagu Drama Romantika dibawakan secara kolaborasi dan aksi panggung mereka terlihat enerjik sekali sehingga penonton ingin ikut terus bergoyang.

Setelah lagu Drama Romantika, MALIQ & D’Essentials berpamitan kepada para penonton dan mempersilahkan The Groove untuk melanjutkan konser. Sebelum memulai lagu terlebih dahulu The Groove menyapa para penggemarnya dengan cukup ramah dan hangat, sapaan tersebut dilemparkan oleh pentolan The Groove, Rieka Roeslan. Penggemar dari The Groove ini kebanyakan dari kalangan yang sudah berkeluarga karena The Groove merupakan band Jazz yang populer pada tahun 80-90an. Padu padan yang pas sekali ketika The Groove mengadakan konser kolaborasi ini bersama MALIQ & D’Essentials band Jazz yang terkenal setelah pertama kali tampil pada event Java Jazz tahun 2002, karena masing-masing memiliki kesamaan yang cukup banyak, terutama dari genre musik yang mereka pilih. Kedua band ini sempat mendapat julukak Kaka-Adik karena memiliki kesamaan namun berkembang pada era yang berbeda cukup jauh. Nuansa musik Modern Pop Jazz sangat kental ditunjukan MALIQ & D’Essentials pada berbagai lagunya.


Tak lama menyapa para penonton The Groove mulai berlanjut membawakan lagu andalan mereka, Satu Mimpiku. Lagu yang sudah tidak asing lagi didengar oleh para kalangan orang tua kita atau mungkin para penggemar The Groove yang masih berusia muda. Terlihat sekali perbedaan dari penampilan MALIQ & D’Essentials sebelumnya yang tampil cukup enerjik, The Groove membawakan lagu mereka dengan suasana Groovy dan ciri khas mereka yang cukup kalem namun para penikmatnya tetap ingin ikut bernyanyi bersama. Membawakan lagu selanjutnya yang menjadi andalan di era 90an yaitu Sepi, Bawalah Daku, dan Khayalan. Tak hanya itu, The Groove juga ikut mengenalkan 2 lagu mereka yang berjudul Hanya Karena Cinta dan Forever You’ll Be Mine. Dikemas dengan musik modern mengikuti perkembangan zaman, namun tetap ada ciri khas dari The Groove ini sendiri.

The One, adalah lagu selanjutnya yang dibawakan oleh The Groove. Lagu ini merupakan lagu milik MALIQ & D’Essentials. Berbeda dengan biasanya, lagu ini dibawakan sesuai dengan ciri khas musik The Groove dan ditambahkan dengan elemen modern seperti DJ membuat lagu ini terdengar cukup menarik. Selama Solo Perform, The Groove lebih banyak melakukan interaksi kepada para penonton dengan diiringi instrumen musik khas The Groove.

Tak selesai sampai disitu, MALIQ & D’Essentials kembali memenuhi stage utama untuk melanjutkan kolaborasi band Kakak-Adik ini. Dilanjutkan dengan membawakan single yang dibawakan oleh The Groove dan MALIQ & D’Essentials yang merupakan ciptaan Yovie Widianto, Coba Katakan Dengan Cinta. Kolaborasi yang pas sekali ketika mereka membawakan lagu ini karena terlihat pas dan sesuai pada porsinya. Perpaduan musik era 90an dan era 2000an yang dikemas cukup menarik dalam lagu ini. Lagi dan lagi aksi panggung yang ditampilkan mereka memberi decak kagum para penonton.

Dilanjutkan dengan lagu Dia-Bila, Pilihanku, dan Dahulu. Pada lagu Dahulu mulai terdengan ucapan terima kasih yang diberikan oleh The Groove dan MALIQ & D’Essentials pertanda konser akan segera berakhir namun penonton masih tetap ingin mereka melanjutkan penampilan. Convety pun mulai ditiupkan dan bertaburan kertas warna-warni di sekitaran panggung merupakan pertanda konser akan segera berakhir namun mereka tetap melanjutkan “permainan” diatas panggung. Setelah selesai membawakan lagu terakhir para personel The Groove dan MALIQ & D’Essentials bergabung dan saling berdekatan satu sama lain untuk menyampaikan ucaan terima kasih dan perpisahan. Terlihat Fireworks telah menyala pertanda konser telah berakhir dan ditutup. Para penonton pun memberikan tepuk tangan meriah dan merasa puas melihat aksi panggung yang ditampilkan oleh The Groove dan MALIQ & D’Essentials dalam konser kolaborasi D’Essentials of Groove.

Penulis :
Afifah Putri Pratiwi @afifahptr, Penulis amatiran.
Foto :
Dwiki Amanda @iamdewe, selalu ada di gigs bandung dan jakarta.

No comments:

Post a Comment