Banner

ADVERTISE

STARS AND RABBIT x BOTTLESMOKER : Panggung Kolaborasi kedua dan bocoran materi album selanjutnya.

|

padapanik.com - November 2016 lalu, Artwarding Night di Gudang Sarinah yang di padati penonton ikut merasakan serunya kejutan kolaborasi antara Stars and Rabbit dan Bottlesmoker yang mengaransemen beberapa lagu di album "constellation" (2015) yang emosional di ubah suasananya dengan sentuhan electronic music. Puncaknya adalah ketika giliran lagu "Frozen Scratch Cerulen" di respon menjadi sebuah keutuhan lagu dengan lirik oleh duo asal Jogjakarta tersebut. Momen penting ini banyak di bicarakan media beberapa hari kemudian, hingga akhirnya Bottlesmoker mengupload video momen ini ke kanal youtube mereka. Sayangnya beberapa teman di luar Jakarta khususnya di Bandung harus pasrah melewatkan momen ini. 

Hingga di awal Januari, via instagram Omuniuum, Syarikat dagang hasil kerjasama antara Omuniuum dan Ruru Shop akhirnya mengumumkan ini kabar bahagia ini. Stars and Rabbit x Bottlesmoker akan hadir di Bandung! 6 Februari 2017 di IFI (Institute Francais Indonesia) Bandung. 

Hari H ternyata datang nya terlalu cepat, tidak terasa hari itu adalah hari pertunjukannya. Sedangkan saya masih di kamar kosan berpikir untuk menonton atau tidak. Pasalnya hari itu bukan kewajiban padapanik untuk meliput kesana, lagian kerjaan masih terlalu banyak. Tapi ini momen penting, meliput atau hanya menonton sama-sama akan berkesan. Stars and Rabbit telah mencuri hati saya sejak mereka belum menginjakan kaki di Bandung. Jadi caw-lah saya menuju IFI dengan harap-harap cemas mendapatkan tiket on the spot atau tidak. Dan akhirnya 75 ribu saya hibahkan untuk menonton band favorit saya. Faktanya, tiket on the spot masih lumayan banyak dan malam itu tidak sold out. 

Mungkin salah satu faktor nya adalah Stars and Rabbit baru saja tampil sehari sebelumnya di pensi F2WL dan akan tampil lagi di Focal Point 2 minggu setelahnya. Bulan februari, Stars and rabbit bukan lagi band dari luar kota yang sangat di nanti kedatangannya dengan dalih "kapan lagi?" untuk tidak melewatkan penampilan band ini. Lagian, belum tentu penggemar Stars and Rabbit juga paham dengan musik bottlesmoker. 

Salah satunya saya sendiri.........

Bottlesmoker menjadi band yang pertama kali ke panggung. Dan memainkan beberapa lagu, salah satunya yang saya ingat adalah "Pixel heart". Lagu-lagu Bottlesmoker memang sangat segmented, saya bahkan belum bisa menikmati musik mereka dalam format audio mp3. Saya hanya akan datang menonton mereka karena musik mereka sangat lengkap dengan aksi panggungnya. Dengan lagu-lagu instrument yang berdurasi panjang, pastinya gak bisa sing a long... Tanpa vokalis, saya mengagumi aksi kedua personilnya Angkuy dan Nobie tetap bisa menguasai panggung dan menarik perhatian penonton. 

Stars and Rabbit naik ke panggung dan langsung menghentak dengan track "I'll go along" lalu menghabiskan setlist menuju puncak acara. Yang paling menarik adalah "Kindred Soul" menjadi salah satu track yang di bocorkan untuk album berikutnya. Kali ini, Adi Widodo mencoba meminta kesempatan untuk bermain gitar elektrik dan output ya sangat berbeda. Pastinya bikin saya geleng-geleng kepala kebingungan. Saya butuh waktu berbulan-bulan untuk move on dari format akustik ke format band yang ada di album "constellation". Album berikutnya mungkin akan membuat saya butuh waktu yang lebih lama untuk move on. Tidak lupa ada lagu "Another man sad sigh" yang akhir-akhir ini sering di bawakan. Lagu ini masuk ke dalam album kompilasi Pintu rejeki vol.1 Syarikat dagang yang bisa di beli di Omuniuum (Bandung) atau di Ruru shop (Jakarta). 

Akhirnya tiba di momen kolaborasi, Bottlesmoker kembali ke panggung. Entah kenapa panggung nya terlalu kecil daripada event-event sebelumnya di IFI. Atau mungkin hanya perasaan saja. Kolaborasi ini mengaransemen lagu di album "constellation" seperti "Summerfall" dan "The House". Tanpa ekspetasi tinggi, para penonton bersorak dan bertepuk tangan dalam waktu yang cukup lama saat single pertama di album itu selesai di mainkan. "Ulangi lagi...!" ujar salah seorang di tengah barisan penonton. Semoga bisa menggambarkan betapa serunya aransemen "The House" malam itu. 

Lanjut dengan kabar gembira, bottlesmoker kini ada liriknya! yah, "Frozen Scratch Cerulen" yang beberapa waktu lalu di respon oleh Elda untuk di tambahkan lirik hingga jadi salah satu lagu yang paling menarik perhatian di media sosial. Menonton live lagu ini mungkin bisa setahun sekali karena pertemuan kedua band beda kota ini akan sangat dirindukan. Seperti biasa "Man upon the hill" menjadi happy ending dalam setlist mereka. 

Di beberapa lagu terakhir, saya mulai memasukan kamera kedalam ransel untuk menikmati penampilan mereka dengan khitmat. Momen-momen penting yang biasanya saya dokumentasikan dalam bentuk video menjadi keegoisan dimana saya merasa harus merekam nya secara langsung dengan mata saya untuk jadi kenangan sendiri nantinya tanpa harus di bagikan semuanya. 

Penampilan terakhir mereka di tutup dengan janji dari mereka tentang kolaborasi yang akan berlanjut ke rilisan fisik. Entah pertengahan atau akhir tahun kita tunggu saja.. 

Penulis dan foto : 
Ashari @arhieashari

No comments:

Post a Comment