Banner

ADVERTISE

KARTINI : Keseharian seorang Feminist Indonesia.

|

padapanik.com - Siapa yang tidak kenal dengan sosok Kartini? Sosok perempuan pertama yang menginginkan adanya kesetaraan gender di Indonesia. Sosok yang ingin setiap perempuan di Indonesia mendapatkan pendidikan yang sama dan juga setiap anak-anak harus mendapatkan perlakuan yang sama.

21 April hari dimana diperingati sebagai hari Kartini menjadi sebuah saat yang tepat untuk me­-release film KARTINI yang diperankan oleh Dian Sastrowardoyo. Sebuah kisah keseharian Kartini muda yang berjuang demi kesetaraan antara pria dan wanita di Indonesia, yang kala itu sangat dipandang rendah dan tidak diberhak mendapatkan pendidikan selayaknya para pria-pria Jawa.

Sepanjang film Kartini yang berdurasi cukup panjang, kita akan disuguhkan kisah Kartini dan bersama saudara-saudaranya berusaha mendapatkan hak nya. Kita akan diperkenalkan dengan sosok Kartini yang cerdas hingga menjadi “anak kesayangan” salah satu keluarga Belanda di Jepara. Tetapi sayangnya film ini tidak memberikan sesuatu yang menggigit.

Tidak ada klimaks, karena alur cerita yang terlalu flat dari awal hingga akhir membuat sajian film Kartini terkesan biasa saja. Ya memang akting Dian Sastro, Acha Septirasa dan Ayushita sangatlah bagus, bagaimana mereka memerankan seorang gadis-gadis Jawa yang sangatlah baik. Tetapi sosok Christine Hakim lah yang sangat berperan penting dalam film ini, karena dialah sosok yang bisa membuat kita teringat dengan ibu-ibu kita yang kuat. Christine Hakim yang berperan sebagai ibu dari Kartini dapat mengaduk-ngaduk emosi kita selama menoton film Kartini. Steal the role! Kartini malah terkesan biasa saja.

Deretan aktor dan aktris seakan diborong oleh Hanung Bramantyo untuk bermain di film ini. Seperti Reza Rahardian, Deddy Sutomo, Adinia Wirasti, Christine Hakim dan banyak lagi membuat film Kartini sangatlah mewah karena banyak bintang yang mau bermain sebagai cameo. Jadi buat kalian para perempuan Indonesia yang nge-fans dengan Kartini harus nonton film ini di Bioskop walaupun ceritanya flat tetapi banyak hal yang bisa dipelajari dari sosok Kartini.

7/10 

Penulis :
Alta @altatitus, Movie enthusiast.

No comments:

Post a Comment