Banner

ADVERTISE

MY NEIGHBOR TOTORO: KEMBALINYA SIHIR GHIBLI KE LAYAR LEBAR

|

padapanik.com - Film keluaran Studio Ghibli memang tidak pernah mengecewakan. Pada Minggu, 7 Mei lalu saya untuk pertama kalinya menonton My Neighbor Totoro di salah satu mall Kota Bandung. Film ini bercerita tentang dua anak perempuan bernama Mei dan adiknya, Satsuki yang pindah ke rumah baru mereka di daerah desa bersama sang ayah. Rumah baru mereka sebenarnya adalah rumah tua yang dijuluki “Rumah Hantu” oleh Kanta, anak laki-laki yang merupakan tetangga mereka. Namun di rumah tersebut Mei dan Satsuki justru menemukan banyak hal unik seperti munculnya “bola-bola hitam jelaga” yang memenuhi loteng rumah serta kemunculan biji pohon ek yang selalu terjatuh tanpa diketahui siapa yang menjatuhkannya.

Keunikan ternyata tidak berhenti sampai disitu, suatu hari Mei yang sedang asyik bermain sendiri menemukan biji pohon ek yang berjatuhan sehingga membuat suatu jejak. Mei dengan penasaran mengikuti jejak tersebut dan menemukan dua makhluk kecil berbentuk mirip kelinci berwarna putih dan biru. Mei langsung mengejar dua makhluk tersebut sampai akhirnya masuk kedalam lorong yang terdapat di akar pohon barus dekat rumahnya. Tak disangka, Mei terjatuh keatas makhluk berbentuk mirip kelinci tersebut namun kali ini dalam versi jumbonya. Mei memberi nama makhluk tersebut Totoro.

Satsuki yang mendengar cerita bahwa Mei bertemu Totoro pun merasa iri, ia pun ingin bertemu Totoro juga. Hingga  esoknya, Satsuki dan Mei berniat menjemput ayahnya di halte bus karena hujan amat deras. Berkali-kali bus datang namun ayahnya tak kunjung sampai  hingga sore pun tiba. Mei yang sudah kelelahan pun tertidur lelap di gendongan Satsuki. Hari pun semakin gelap, Satsuki mulai merasa kelelahan namun tanda-tanda kepulangan ayahnya belum terlihat juga. Namun ditenga keheningan tersebut, Satsuki tiba-tiba merasa ada yang menemani di sampingnya. Siapakah itu?

Jawaban dari petualangan Mei dan Satsuki yang selengkapnya bisa kamu temukan dengan menonton film My Neighbor Totoro itu sendiri. Penggambaran bagaimana bahagianya kehidupan masa kecil nan polos dan lucu terdapat di film ini. Sebenarnya tidak hanya Totoro, hampir di semua film keluaran Studio Ghibli selalu mengangkat tema imajinasi ciptaan anak-anak. Maka tidak heran ketika di bioskop kemarin saya menonton ditemani hampir lima puluh persen anak-anak kecil di dalam studio. Mereka terlihat sangat menikmati film yang berdurasi 88 menit tersebut. Tidak jarang terdengar gelak tawa penonton tiap kali muncul adegan konyol yang dilakukan oleh Mei, Satsuki dan juga Totoro.

Oh ya, untuk yang bertanya-tanya “Hah kok bisa nonton My Neighbor Totoro di bioskop? Bukannya itu film lama? Emang keluar sequelnya ya?” jawabannya adalah tentu saja bisa teman-teman, dan bukan, My Neighbor Totoro tidak ada sequel maupun prequelnya. Bagi pecinta film-film Ghibli maupun yang ingin mencoba menonton film keluarannya langsung di bioskop, berterimakasihlah kepada The World of Ghibli Jakarta.

The World of Ghibli Jakarta adalah rangkaian acara yang menggabungkan penanyangan film dan pameran karya-karya dari studio animasi ternama dari Jepang, Studio Ghibli. Rangkaian acara ini sudah dimulai dari 1 April lalu yaitu penanyangan Spirited Away di 17 kota di Indonesia. Tiap bulannya di tanggal 1 hingga 7 akan ada re-screening film-film terpopuler hasil Studio Ghibli. Tidak hanya re-screening film, namun juga akan ada pameran yang akan diseleggarakan pada 10 Agustus hingga 17 September di The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place. Di pameran ini, kamu dapat melihat replika meja kerja Hayao Miyazaki-pendiri Studio Ghibli-hingga replika lokasi, karakter dan benda yang ada dalam tiap film-filmnya.

Asyik banget kan? Ayo bagi kamu yang menyesal belum sempat menonton Spirited Away dan My Neighbor Totoro kemarin bisa menebusnya dengan menonton Ponyo pada tanggal 1 sampai 7 Juli mendatang. Ssst, tiap re-screening biasanya ada merchandise karakter tiap film loh, lucu banget kan? Di re-screening My Neighbor Totoro kemarin saja ada pembagian gratis kipas Totoro dengan syarat memperlihatkan tiket nonton. Tunggu apalagi nih, ayo buruan rasakan sensasi menonton film Ghibli di bioskop!

8,7/10

                       

Penulis :
Tiwi, @indayanipratiwi

No comments:

Post a Comment