Banner

ADVERTISE

MENGOLEKSI ACTION FIGURE DENGAN BUDGET TERBATAS

|
Foto : Kotaku Australia

padapanik.com - "Boys never grow up. They just get older and their toys get more expensive" saat mulai dewasa dan duit jajan kamu udah semakin banyak (apalagi yang udah punya duit sendiri) pasti bakal terpengaruh mengoleksi sesuatu. Atau ada keinginan untuk memiliki mainan baru. Misalnya Vinyl (Piringan Hitam), Otomotif atau Sneakers. Setiap orang (khususnya cowok) pasti mudah tertarik dengan hal-hal yang mungkin tidak bisa kebeli saat masih kecil. 

Khusus di artikel kali ini, kita akan membahas Action Figure. Nah, buat kalian yang belum ngerti Action Figure itu berbeda dengan robot-robotan yang kita beli waktu SD yah. Keunikannya ada pada artikulasi (Sendi untuk mengubah pose) yang banyak dan detail mainan (wajah, accesories, cat dll) yang bikin Action Figure harganya diluar nalar orang-orang yang hidupnya hemat atau pelit. Mahal dong yah?

Nah buat kamu yang mulai tertarik mengoleksi Action Figure namun dengan budget terbatas, padapanik ada tips nih buat kamu!

Fokus!
Biar kamu gak kalap pengen beli semuanya, Kamu harusnya nentuin dulu jenis Action Figure yang pengen kamu koleksi (kalau di musik ibaratnya genre lah). Biar budget kamu bisa menyesuaikan. Genre pun terbagi-bagi, misalnya kamu milih karakternya Marvel, DC, Pokemon, Tokosatsu dll. Nah tentuin satu aja! Setelah itu kamu harus fokus lagi, mau milih ukuran 12inch, 9,inch, 6inch, 3,75inch, setelah itu kamu harus fokus milih merk atau fokus memilah hal apa saja untuk menyempitkan jangkauan koleksi kamu. Ingat kamu bukan sultan!

Barang Second
Action figure baru harganya memang gak habis pikir. Tapi kamu bisa tetap koleksi dari para kolektor yang butuh duit, pensiun atau bosenan. Harganya bisa lumayan jauh apalagi kalau kondisi nya loose (tanpa box). Mendingan bekas daripada KW kan?

Beli dua
Biasanya ini dimanfaatkan oleh para kolektor-kolektor senior yaitu membeli 2 Action Figure yang sama. Satu buat koleksi, yang satu buat di jual. Lumayan kalau bisa nutupin sepertiga harga dari Action Figure satunya lagi. 

Pantengin Toko Mainan
Jangan lupa kalau toko-toko mainan yang ada dimall biasanya juga menjual Action Figure yang sering diskon terutama di hari-hari raya atau libur nasional. Jadi jangan lupa sering-sering ngecek.

Rawat dengan baik
Action figure itu kalau dirawat dengan baik harganya stabil atau bahkan bisa lebih mahal! makanya jangan menaruh action figure kamu sembarangan (beberapa brand jika disimpan di tempat lembab mudah mengelupas catnya) dan jangan sampai figure kamu dimainin anak kecil, itu lebih horor daripada pengabdi setan. Jadi ketika ada Action Figure keluaran terbaru, atau kamu mulai bosan, maka kamu bisa menjual Action Figure kamu. Lumayan hemat kan.

Nabung
Yaelah kalau gak punya duit, makanya nabung!

Nah, ngoleksi barang mahal emang punya kesenangan sendiri, tapi jangan sampai kebablasan. Kita tetap bisa mengoleksi barang semahal Action Figure dengan budget seadanya. Selain Action Figure, kalian rencana mau ngoleksi apa nih?

Penulis :
Ashari @arhieashari , kolektor kere.

1 comment: