Banner

ADVERTISE

IGTV Siap bersaing dengan Youtube?

|
foto : engadget
padapanik.com - Instagram baru saja merilis fitur IGTV, sebuah platform video yang bisa di akses dan di tonton melalui aplikasi Instagram. Semenjak di ambil alih oleh Facebook pada tahun 2012 dengan harga US$ 1 Miliar, Instagram sering sekali membuat fitur baru yang bikin para pengguna nya semakin betah (dan semakin cepat menghabiskan kuota hehe). Diantaranya fitur Instagram bussiness yang harus terkoneksi dengan Facebook, Fitur Swipe up, dan Insta Story yang selalu saja punya updatean terbaru tiap bulan nya. 

Di tangan facebook, Instagram juga mengubah logo mereka yang sangat ikonik dan menambah durasi video yang bisa di upload dari 15 detik menjadi 1 menit. Kali ini Instagram merilis fitur IGTV yang berpotensi menjadi fitur yang akan ramai digunakan oleh para user. 

Baca juga : Instagram Stories vs Snapchat : Dawn of the new facebook dinasty 
IGTV memudahkan pengguna untuk mengupload video dengan durasi maksimal 1 jam. Hingga saat ini, para pengguna baru bisa mengupload video melalui fitur ini terbatas maksimal 10 menit. Sedangkan para user prioritas (Selebriti, Public Figure atau Instagram bisnis dengan followers besar) sudah bisa menggunakan fitur ini secara maksimal. 

IGTV juga akan berupa aplikasi tersendiri yang bisa di unduh di IOS maupun Android. Fitur ini sebenarnya terinspirasi dari cara menonton TV dimana para pengguna, bisa langsung menonton video yang disediakan saat membuka aplikasi. 
"Sebagian besar aplikasi video mengharuskan pengguna mencari atau menelusuri direktori, tidak seperti televisi yang memungkinkan pengguna menyalakan dan menontonnya. Nah, di IGTV, pengguna hanya perlu memutar video begitu mereka membukanya," - Kelvin Systrom, CEO Instagram.
Fitur ini bisa saja jadi alternatif baru untuk para content creator untuk mengupload karya nya. Hal ini bisa menjadikan IGTV sebagai kompetitor Youtube yang unik. (kompetitor youtube yang lain kan hampir gak ada bedanya sama youtube huuu...)  IGTV menawarkan style video vertikal sepertinya sudah di terapkan nya di Insta Story. Hal ini cukup berani mengingat para creator video vertikal belum banyak.

IGTV pastinya bakalan rame kalau video nya ada fitur monetize.. yes. Tapi sepertinya, untuk awal-awal belum ada. Yang pastinya, Instagram bakalan nawarin pengiklan di fitur barunya ini. 

Mari kita lihat, apakah IGTV lebih dari Youtube? Boom gak nih?

Penulis :
Ashari @arhieashari, masih pengguna facebook.

No comments:

Post a Comment