Banner

ADVERTISE

Kenapa Youtube Rewind 2018 banyak dislike?

|


padapanik.com - Menjelang akhir tahun 2018, di bulan desember, seperti biasanya youtube menyuguhkan video "Youtube Rewind". Bagi yang belum begitu paham, itu video apa sih? kenapa selalu jadi agenda di akhir tahun? 

Jadi video Youtube Rewind adalah video yang di buat oleh Youtube untuk merangkum apa saja trending yang sudah di lewati selama 1 tahun. Jadi semacam kaledoskop berbentuk video. Nah dalam video tersebut juga terlibat para creator - creator youtube (youtubers). Nah Youtube rewind 2018 sudah tayang dengan judul "Everyone Controls Rewind" dan langsung trending nomer 1 hampir seluruh dunia. 

                                     

Eh tapi ada yang aneh? kenapa dislike nya sampai 5 juta! Yah, sampai tulisan ini di muat, jumlah dislike nya jauh lebih banyak dari jumlah like nya. Hal ini bikin banyak orang bertanya, kenapa dislike nya sebanyak itu? Apa yang di kesalkan oleh para fans? ada beberapa alasan yang mungkin bisa menjawab pertanyaan kamu.

Pemilihan youtubers yang terlibat 
Ini adalah permasalahan yang sulit, memilih youtubers yang terlibat dari berbagai negara (tentunya harus menyesuaikan jadwal mereka masing-masing). Hampir setiap creator memiliki pasar nya masing-masing, dan setiap fans pasti mengharapkan idola nya muncul di video. Ketika orang yang diharapkan tidak ada, maka ada dislike. Tidak adanya Pewdiepie sebagai youtubers dengan subscriber terbanyak di dunia bisa jadi salah satu alasan kenapa dislike nya banyak. 

Pemilihan Trending 
Youtube Rewind adalah soal trending yang sudah dilalui selama setahun terakhir, ada banyak trending-trending yang tidak disinggung sama sekali di Youtube Rewind tahun ini. Kemungkinan youtube memang tidak ingin memasukan segala unsur konflik drama antar creator kedalam video rewind tahun ini. Ini bagus, tapi tidak sesuai dengan konsep yang mereka angkat.

Tema besar 
Youtube Rewind tahun ini mengangkat tema "Everyone Controls Rewind" dibuat seolah-olah youtube mengangkat hal-hal yang diinginkan oleh penonton. Nyata nya penonton tidak merasa demikian. Atau lebih tepatnya, penonton tidak merasa terwakilkan. Salah satu scene dimana para creators berkumpul mengelilingi api unggun menjadi inti video yang menjadi transisi paling biasa antara trending satu ke trending lainnya. Banyak scene dimana para creators berdiskusi, jadi terasa kosong. Selain trending, banyak lagu-lagu hits yang juga tidak masuk. Endingnya pun tidak klimaks. Meskipun visual effect dan produksi nya sangat baik (wajarlah dana nya besar).

Fortnite
Youtube Rewind tahun ini dipenuhi oleh Fortnite! dibuka dan ditutup oleh sebuah game yang trending. Hal ini jadi alasan kenapa dislike nya begitu banyak. Perang antar fans game pasti selalu ada. Sedangkan penonton konten gaming menjadi salah satu penonton terbesar youtube, tapi youtube malah hanya menampilkan satu game saja. Seolah-olah hanya fortnite game yang trending tahun ini.

Nah itu dia beberapa alasan kenapa sampai saat ini, dislike nya masih mendominasi. Sejauh ini, alasan ketiga adalah alasan yang paling kuat. Cinematic, Visual Effect dan produksi yang baik tidak akan menolong konsep nya yang berantakan. 

Youtube Rewind tahun ini mengangkat mukbang, K-pop, science experiment, fortnite, ASMR dan trending lainnya. Tahun ini juga sepertinya adalah tahun bagi youtubers kartun / animasi yang banyak sekali ditampilkan di video. Berita baiknya, Skinny Indonesian 24 dan Gen Halilintar menjadi dua youtubers Indonesia pertama yang masuk ke Youtube Rewind 2018. 


Penulis : 
Ashari @arhieashari 



No comments:

Post a Comment