Banner

Kenali 5 Ilustrator Pemula Perempuan Indonesia, Mulai dari iseng hingga jadi Hobi

|
padapanik.com - Mengenal dunia seni yang saat ini meluas di ranah milenial, memunculkan banyak pula para illustrator dengan hasil karyanya. Dimulai dari keisengan dengan mencoba berkarya melalui media watercolor maupun digital dan berakhir menjadi sebuah hobi hingga mereka menjadi seorang illustrator (mereka lebih senang disebut Ilustrator pemula). Illustrator memang merupakan salah satu hal menyenangkan untuk dilakukan dan merupakan hobi yang tidak pernah redup masanya.
Perkembangan jaman digital, membuat banyak illustrator pemula yang bisa kita temukan di berbagai media sosial seperti Instagram yang berperan sebagai tempat diunggah nya portofolio mereka sekaligus tempat menjajakan karya seni mereka untuk dijual. 

Untuk sedikit mengenal dunia seni ilustrasi, kali ini kita akan membahas para ilustrator pemula perempuan Indonesia yang memiliki kisah dibalik seni yang mereka geluti. Tentang kisah mereka yang hanya berawal dari iseng hingga menjadi aktivitas wajib mereka sehari-hari. Mungkin kalian banyak yang kurang mengenali mereka, namun bisa dijadikan referensi kreatif untuk kalian yang tertarik dengan bidang ini. 

Amelia Maulidya @aya1904

Adalah salah satu ilustrator perempuan Indonesia yang menyukai design menggunakan media watercolor dengan ciri khas pewarnaan semi klasik modern dan tema penggambaran yang sangatlah luas. Aya menyukai tema yang beragam seperti penggambaran ilustrasi ‘Aruna Bersama Ibuk’ (pada gambar kedua) dimana menggambarkan seorang anak bernama Aruna bersama Ibunya sedang mencuci piring di dapur. Kalian dapat melihat karya lainnya dalam akun instagramnya yaitu @aya1904 dan @littlegreencastle. Amel sendiri atau biasa dipanggil Aya memiliki store dari hasil karyanya yang beragam dan salah satunya adalah flomories yang bertemakan floral surface pattern pada marketplace tees.co.id dengan nama tokonya Littlegreencastle, Selain itu Aya menjual banyak hasil karyanya di platform lain. Aya sendiri yang ditanya tentang bagaimana dirinya telah masuk dalam dunia ilustrasi menjawab bahwa dirinya belajar secara otodidak menggunakan watercolor dengan menonton tutorial di YouTube. Setelah setahun meniti karir yang dimulai pada tahun 2016, Aya mengikuti salah satu ajang International Giveaway Challenge dimana mendukung banyak seniman untuk bekarya, dan Aya telah membawa namanya menang dan mendapat giveaway berupa watercolor / art kit. 



Dirinya juga menyesuaikan bagaimana cara memiliki ciri khas dalam berkarya melalui watercolor ilustration. Banyak gambar yang dibuat itu menceritakan suasana hati atau mood yang lagi jelek. Setelah diutarakan lewat gambar itu rasanya jadi lebih lega, tenang, damai. Mulai dari buat sketsa, mewarna pakai kuas sampai gambar jadi (selesai). Mungkin itu kali ya yang buat range warna yang dipakai kebanyakan bukan warna-warna yang terang/ceria. Tapi sesekali pakai warna terang/ceria juga seru sih. Apalagi bisa buat orang lebih semangat setelah lihat gambar-gambar kita.“ kata aya pada saat ditanya tentang kisahnya.

Amalia Dian Utami @ailamanaid
Aila dijuluki sebagai Ilustrator yang banyak bakat. Dia adalah seorang ilustrator dengan karya yang beragam dengan media beragam pula seperti watercolor, gouache (gabungan antara cat air dan kapur) dan juga digital ilustration. Bakatnya inipun membawa namanya ketika salah satu karya nya di repost oleh akun instagram watercolorindonesia dengan gambar lukisan flower bouquet gouache nya. Aila yang menyukai dunia ilustrasi watercolor memulai dengan lukisan pemandangan atau gedung dan food ilustration. Salah satunya gambar ilustrasinya yaitu ‘Suatu Hari di Teladan’ untuk Katy Foundation sebuah Non-Govermental Organization yang menggambarkan suasana hiruk pikuk siswa pada jaman Aila bersekolah di SMA Negeri 1 Teladan Yogyakarta, dan project lainnya seperti Namaste, Majapahit Blend, atau kontes Chatime Cup Design 2019. 

 














Fitri Kamila Gunady @fitkamgummy

Karya Fitri Kamila ini terbilang klasik dan merupakan salah satu ilustrasi yang tergolong banyak pengikutnya yaitu watercolor floral illustration. Fitri Kamila mungkin sudah tidak lagi asing mengingat namanya yang sudah lumayan terkenal bagi para penyuka atau penggemar watercolor floral. Ilustrator yang berdomisili di Jakarta Barat ini menyukai sekali dan gemar melukis bunga, seperti floral wreath illustration dengan lettering ataupun floral seamless watercolor. Kalian dapat menemukan hasil karya Fitri Kamila pada akun Instagramnya  @fitkamgummy. Disana kalian dapat melihat beragam video tutorial berdurasi pendek mengenai cara melukis (watercolor floral) dalam beragam bentuk mulai dari bouquet hingga wreath



Terbukti setelah setahun berkarya Fitri telah meraih kesuksesannya dengan melihat dari banyaknya workshop yang telah dia pimpin. Kata Fitri yang ditanya mengenai bagaimana dirinya memulai usaha sebagai floral illustration “Setelah aku kenal landscape dan lattering, aku mau explore to something more. Jadi mulailah belajar floral dari YouTube , ikut workshop, dan belajar di skillshare. I did it all that until the point people see my works and interested learn with me. Lalu sekitar bulan September 2018, aku niat mau bikin workshop floral, which came true 3 bulan kemudian pada Desember 2018. Itu adalah workshop pertama dengan selanjutnya yang ditotal sudah 8 kali workshop including private classesnya. Terus banyak teman di Ig Tanya kapan saya visit Kota x,y atau x diluar pulau yang sama sekali nggak pernah aku datengin. Jadi untuk menghemat waktu dan uang aku bikin bisnis online di skilshare supaya teman yang luas daerah bisa hasil di workshop in person dan ngerasain belajar bareng di skilshare.“ . Untuk kalian yang mau ikut kelas skilshare bersama Fitri Kamila dapat anda cari pada @fitkamgummy


Emak Lai @gambaremak




Ilustrator perempuan Indonesia lainnya adalah Emak Lai. Dengan berkecimpung di dunia art, Emak Lai juga menjadi salah seorang aktivis seni yang telah melalui beragam macam acara yaitu workshop (hand lattering, floral wreath) dan kegiatan sharing mengenai aktivitas gambar Emak di Bumikiwari. Beragam jenis ilustrasi yang pernah di lakukan oleh Emak yaitu hand lattering, floral watercolor, siluet watercolor, animal watercolor hingga digital ilustration. Emak Lai juga pernah mendesign kaos anak kecil pada akun instagram @meetthekids. Tidak hanya kaos, Emak Lai juga membuat custom pouch dan bantal dengan design yang lucu. Karya lainnya yaitu cover buku novel oleh Fitri Ariyanti yang sudah cetak ulang berkali kali. 

Emak Lai juga menambahkan “siapapun bisa memulai asal rajin latihan. Berani eksplor dan konsisten menekuni yang kita pilih. Dari situ aku coba membuat video saat berkarya, membreakdown semua langkahnya sampai aku rasa kalau orang baru mulai juga.“.   

Karya Emak Lai bisa kamu lihat melalui hastag nya #latteringsenangsenang, #temanmaincatair, #lattering #kataloggambaremak. 



Kartika Gelahara @kartikagelahara 


Sama seperti semua Ilustrator wanita pemula disini, Kartika Gelahara adalah salah satu Ilustrator yang menyukai character ilustration. Dirinya pandai dan menyukai gambar anime manusia dan juga beberapa ilustrasi lainnya dengan menggunakan watercolor. Kalian dapat menemukan Kartika ini di akun instagram pribadinya yaitu kartikagelahara. Selain menggambar kartika gelahara juga suka dengan seni budaya Indonesia, dia mengikuti komunitas tari Indonesia pada Komunitas seri seni. Karya-karyanya juga pernah di repost pada sebuah akun Instagram art dengan nama WatercolorIndonesia. Kartika Gelahara ini belajar secara otodidak dengan sebuah passionnya yang kuat dalam berkarya. Akan tetapi mbak Gelahara pernah tidak diperbolehkan oleh kedua orang tuanya ketika ingin lanjut untuk mengembangkan passionnya dengan masuk Universitas jurusan DKV.

Begini tutur mbak Gelahara mengenai perjalanannya menuju jenjang art ilustration “
Sebenarnya saya sudah dari SD tertarik dengan kegiatan menggambar, tapi orang tua saya tidak begitu mendukung, jadi sebagian besar teknik2 illustrasi saya pelajari sendiri. Waktu mau masuk kuliah pun ayah saya masih tidak mengijinkan saya untuk masuk jurusan DKV, alih2 mencari bidang seni yang terlihat menjanjikan di mata ayah saya, akhirnya saya memilih masuk jurusan Arsitektur. Setelah lulus kuliah, bekerja di bidang Arsitektur pun masih bikin aku nggak puas, rasanya ruang eksplorasi saya terbatas sekali, akhirnya pada 2018 aku memutuskan untuk mengganggur dulu untuk mempersiapkan diri mencari pekerjaan dibidang graphic design & illustrasi. Sempat les 2 bulan, lalu membuat portfolio graphic design dan illustrasi pertama saya, lalu sempat magang juga di sebuah start up, hingga kini menjadi salah satu graphic designer di sebuah perusahaan produksi design & game. di tempat kerja saya tidak mengerjakan produk illustrasi, oleh karena itu di luar saya mencari, atau membuat sendiri project illustrasi.”


Karya Gelahara salah satunya adalah sebuah ilustration content posting on Instagram mengenai cerita Gelahara tentang Ondel-Ondel Jakarta. Disana diceritakan mengenai bagaimana pendapat Gelahara mengenai Ondel-Ondel. Dan karya lainnya berupa watercolor character, sebuah ilustrasi wallpaper gratis dan lainnya.

Karya yang berawal dari iseng dan menjadi hobi memang sebuah hal yang lumrah, namun untuk menjalani dan berubah menjadi sebuah hal yang besar memang membutuhkan tahap dan proses. Kamu tertarik untuk jadi Ilustrator?  

Penulis :
Anargya Andini @anargyaandini

No comments:

Post a comment