Banner

Daun Kelor yang banyak manfaat bisa jadi apa aja?

|
Sumber foto : disini
padapanik.com - Kelor yang memiliki nama ilmiah Moringa oleofera merupakan jenis tumbuhan yang berasal dari negara tropis dan subtropis bagian Asia Selatan. Tanaman ini sangat mudah tumbuh, berumur panjang serta tahan akan iklim panas. Di Indonesia, kita tahu bahwa daun kelor biasa digunakan oleh ibu hamil supaya melancarkan air Asi. Namun ternyata daun kelor tidak hanya memiliki manfaat itu saja. Menurut penelitian, daun kelor kaya akan nutrisi, antioksidan, menurunkan kadar gula darah, menurunkan kolesterol, mengatasi kanker, dan masih ada lagi. Bahkan WHO mengatakan bahwa kelor adalah pohon ajaib.

4 Olahan Daun Kelor yang lezat dan kaya manfaat 

Sayur bening daun kelor

Sumber foto : disini
Sayur bening daun kelor adalah salah satu makanan olahan daun kelor yang paling banyak dibuat. Selain karena mudah dibuat, sayur bening daun kelor juga bisa dimakan oleh siapa saja, baik anak kecil hingga dewasa. Caraa mengolahnya sama seperti sayur bening pada umumnya. Anda juga bisa menambahkan jagung manis sebagai pelengkap. Tambahkan juga temu kunci supaya rasanya semakin mantap. Jangan lupa untuk memilih daun kelor muda supaya kandungan nutrisinya masih banyak.

Sayur Daun Kelor Bumbu Urap

Sumber foto : disini
Urap adalah makanan yang banyak disukai karena rasa pedas, gurih dan segar dari sayuran berpadu jadi satu. Namun bagaimana jika sayuran pada urap diganti dengan daun kelor? Tidak kalah sedapnya, lho. Cara mengolahnya juga gampang, buat dulu bumbu urap seperti biasa. Kemudian rebus daun kelor muda yang sudah Anda petik. Setelah matang, campur bumbu urap dengan daun kelor yang sudah direbus. Tambahkan juga tauge dan bawang goreng supaya semakin mantap.

Puding Daun Kelor

Sumber foto : disini
Daun kelor diolah menjadi puding? Kok bisa? Olahan daun kelor lainnya yang layak untuk dicoba adalah puding daun kelor. Ini bisa juga menjadi alternatif bagi Anda yang bosan dengan olahan daun kelor yang itu-itu saja. Atau agar menarik si kecil agar mau memakannya. Jangan salah, daun kelor juga sangat bermanfaat untuk anak-anak. Cara membuatnya juga tidak susah. Pertama Anda ambil daun kelor muda. Kemudian rebus daun tersebut selama kurang lebih 3 menit. Blender rebusan daun kelor beserta airnya. Tambahkan pada agar-agar yang sudah di rebus. Tambahkan juga gula dan susu agar lebih gurih.

Teh Daun Kelor

Sumber foto : disini
Satu lagi olahan mantap daun kelor yang wajib Anda coba. Jika biasanya daun kelor dijadikan makanan, sekarang ada olahan daun kelor yang dibuat sebagai minuman teh. Teh daun kelor sebenarnya sudah terkenal bahkan sudah mendunia sebagai minuman aromatik yang berkhasiat. Teh daun kelor juga dirasa lebih ampuh dalam menyembuhkan penyakit karena setiap teh mengandung ekstrak daun kelor. 

Jika Anda ingin membuatnya sendiri, caranya cukup mudah. Ambil daun kelor muda, cuci bersih. Jemur daun kelor tersebut sampai kering dan terasa renyah. Setelah dirasa sudah kering, ambil dan giling sampai lembut. Setelah menjadi daun kelor bubuk, teh daun kelor siap dibikin teh. Caranya ambil satu sendok teh bubuk daun kelor, seduh dengan air hangat. Supaya manis tambahkan madu. Mengolah daun kelor menjadi teh memang perlu kesabaran. Namun jika Anda tidak mau ribet, bisa membeli teh daun kelor kemasan. 

Demikianlah 4 olahan daun kelor yang lezat dari makanan sampai minuman. Apapun olahannya, pastikan kandungan daun kelor tidak berkurang. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Penulis : 
Dian Nita @dii_nta

No comments:

Post a comment