Banner

5 Rekomendasi Animated Short Movies

|
padapanik.com - Dalam perkembangannya dunia animasi juga sedang turut meramaikan kancah short movies. kemunculan short movie ini mengutamakan cerita sekilas yang sederhana namun memiliki alur yang menarik dari segi amanat yang disampaikan. Selain memiliki alur menarik, daya Tarik tersendiri dari short animated movie adalah karena durasinya yang pendek (yaiyalah namanya juga short movie kan?) sehingga ceritanya sangat on point dalam menjelaskan alur dan karakteristik yang berbeda antar cerita. Berikut adalah beberapa animated short movies yang bisa anda jadikan salah satu referensi untuk anda tonton dan memiliki ciri khas tersendiri pada tiap ceritanya.

Kitbull (Pixar Sparkshort)





Kitbull adalah film ketiga dari Pixar sparkshort pada New York Academy yang dirilis pada tahun 2019. Diproduseri oleh Kathryn Hendrickson dan director sekaligus writer bernama Rossana Sullivan. Kitbull menceritakan tentang kisah seekor anak kucing berjenis pitbull dimana dia adalah kucing jalanan dengan alur pertama yang menceritakan tentang perjalanan pulangnya pada sebuah kardus tempat tinggalnya ketika mencari makan pada sebuah tempat yaitu dibelakang San Francisco missions district. Suatu hari terdapat sekumpulan orang yang menggeledah belakang tempat tersebut sehingga kardus kitbull pindah pada sebuah pekarangan ketika pitbull tidur tidak sadarkan diri dan pindah ke tempat dimana terdapat anjing peliharaan di sebuah rumah usang tersebut. Kitbul dan Anjing tersebut akhirnya menjadi sahabat karib yang melalui berbagai permasalahan baru dalam mencari tempat tinggal yang nyaman. 

Spring (Blender Open Movie)


                                     

Salah satu short animated movies yang berkonsep surealism. Dengan writer-director-animator Andy Goralcyzk pada tahun 2018. Spring menceritakan tentang seorang pengelana wanita dengan anjing mungil peliharaannya yang sedang berkelana pada sebuah hutan dimana saat itu sedang musim dingin. Suatu hari pengelana tersebut menemukan sebuah batu besar, dengan menggunakan tongkat yang dia bawa, sang pengelana tersebut memukul batu besar tersebut dan menghidupkan monster dewa hutan disana. Sesuai judulnya, Spring adalah film perjalanan menuju musim semi dimana saat musim salju terasa kering dan sulit untuk hidup di hutan. 


Coin operated (animated short movie)


                               


Merupakan short animated movies yang di direct dan di produksi oleh Nicolas Arloli pada tahun 2017 dan telah mendapat 4 penghargaan yang salah satunya adalah Grand Prize Best animated Short Film oleh Rhode Island Film Festival. Dengan cerita seorang anak kecil lelaki yang menyukai spaceship hingga suatu hari ketika dirinya sedang menemani ibunya pulang berbelanja menemukan mesin koin mainan gerak spaceship, yaitu mesin yang dapat gerak maju mundur dengan memasukkan koin. Hingga suatu waktu dirinya melihat awan bulan yang menerka-nerka seperti koin dimana melambangkan kehidupan makmur dan bahagia itu dimasukkan untuk menggerakan sebuah mesin koin mainan gerak spaceship.

Alike


Salah satu film animasi yang merupakan 3D computer animated garapan Daniel Martinez Lara dan Rafa Cano Mendez pada tahun 2015. Cerita ini mengisahkan tentang seorang Bapak dan anak yang berbeda karakter sedang menjalani kisah kehidupan mereka dengan aktivitas se hari-hari, yaitu bekerja dan bersekolah. Suatu hari ketika sang bapak dan anak pergi ke tempat mereka bekerja dan bersekolah mereka menemukan sebuah taman di tengah kota yang berwarna dengan pohon berwarna merah dan orang yang bermain biola di tengahnya. Sang anak sangat tertarik dengan atraksi bermain biola di taman tengah kota tersebut, sang anak yang bersekolah dengan tugasnya sehari-hari dengan riang menggambar pohon merah dengan orang yang bermain biola dan memberitau kepada sang ayah, namun sang ayah hanya tersenyum tanda tidak terlalu tertarik. Sang ayah yang dihadapi pekerjaan menumpuk pun mengalami rasa bosan dan sang anak yang tidak diperbolehkan menggapai cita-citanya tidak lagi bersemangat.

Alike mengajarkan kita bahwa sebuah hal yang diharuskan atau telah mengakar tidaklah selalu harus serius, tapi terkadang keinginan dengan perasaan yang membaik akan lebih mampu untuk dilakukan. Dan mengajarkan bahwa kehidupan ini bisa diperbaiki hanya dengan saling mengerti satu sama lain sebagai seseorang yang saling melengkapi.

One per person (animated short movies)



Karangan Nasheet Azham dan Jacqueline piette, dan short animated movies ini telah meraih dua penghargaan pada London Internasional Filmmaker Festival of World Cinema. Cerita yang mengangkat tentang sebuah perjuangan dan kisah sederhana mengenai dua orang pramuniaga yang bekerja di masing-masing restoran yang kebetulan bersebelahan dan menjual makanan yang sama. Seorang pramuniaga dengan toko pertama menjual makanan yang kurang diminati oleh pelanggan. Ketika cerita ini berlatar belakang dengan seorang yang sedang menjajakan makanan jualannya berupa ayam goreng, cerita pun dimulai. Tidak hanya menjajakan, one per person ini memiliki alur menarik yaitu dimana pelayan toko pertama yaitu sang wanita memulai hari nya tanpa menjajakan dalam arti tidak ada yang tertarik dengan ayam goreng yang dijualnya. Sedangkan pesaingnya laris manis.


One per person mengajarkan kita untuk tetap dapat berusaha ketika sedang jatuh dan berisi cerita dimana sebuah hal yang sama tidaklah harus diperjengkelkan namun carilah sebuah cara agar kedua hal yang sama itu dapat saling berdamai dan rukun. Dengan alurnya yang bercerita bahwa memang ada jatuh ada Bangkit inilah diketahui bahwa semua hal tidaklah selalu lancar.

Penulis : 
Anargya Andini @anargyaandini

1 komentar: