Banner

ADVERTISE

SURAT DARI PRAHA : Kisah cinta aktivis yang diasingkan

|


Padapanik.com - Siapa bilang seorang aktivis tidak bisa galau karena cinta ? aktivis yang mempunyai citra keras, frontal dan radikal dikemas dengan penuh perasaan dalam film "Surat dari Praha" yang akhir januari kemarin rilis di Bioskop. Sebuah cerita tentang perjalanan seorang aktivis yang menolak rezim orde baru hingga akhirnya terbuang ke Praha, Rep. Czech dan kewarnegaraanya pun dilepas sehingga membuat dirinya tidak bisa kembali ke tanah air. Aktivis penolak rezim orde baru itu bernama Jaya (Tio Pakusadewo) Seorang sarjana nuklir yang menjadi pekerja bersih-bersih di sebuah teater di Praha.

Tokoh lainnya adalah Laras (Julie Estelle) Seorang anak dari Sulastri (Widyawati) yang mempunyai hubungan romansa dengan Jaya sebelum menikah dengan ayah dari Laras. Sulastri pun meninggal karena penyakit yang dideritanya, Laras pun sebagai anak satu-satunya mendapat warisan dari orang tuanya sebuah rumah beserta isinya dan juga sebuah kotak dan sepucuk surat. Laras akan mendapatkan warisan tersebut bila memenuhi permintaan terakhir dari orang tuanya yaitu mengantarkan kotak tersebut dengan sepucuk surat yang sudah tertera alamat ke Praha.

Laraspun mau tidak mau harus memenuhi wasiat dari orang tuanya untuk mendapatkan warisan tersebut karena Laras sedang membutuhkan biaya untuk bercerai dengan suaminya. Sesampainya di Praha Laras pun bertemu dengan Jaya untuk meminta Jaya menandatangani sebuah dokumen syarat lain agar Laras mendapatkan warisanya. Jaya langsung mengusir Laras setelah membuka kotak yang diberikannya. Drama terjadi antara Laras dan jaya karena Jaya menolak dan mengusir Laras dari apartemennya.

Setelah beberapa kali Jaya mengusir laras akhirnya Jaya menceritakan mengapa dirinya menolak kota tersebut dan akhirnya membuat Laras sadar dan sangat memahami Jaya akan keadaanya sekarang yang tidak bisa kembali ke tanah air dan menepati janji kepada Sulastri.

Film bergenre drama-romantis ini disutradarai oleh Angga Dwimas Sasongko dan diproduseri Glenn Fredly. Film ini mempunyai alur yang bisa membawa para penonton kedalam sebuah drama karena musik-musik yang dibawakan dan diciptakan oleh Glen Fredly ini seakan membius perasaan para penonton hingga ke klimaks. Lantunan lagu-lagu yang dinyanyikan oleh Julie Estelle dan Tio Pakusadewo dinyanyikan sangat tepat dengan kejadian yang ada didalam film membuat perasaan terpana saat menonton hingga bisa menitikan air mata.

Setelah sukses habis-habisan di bulan desemeber kemarin, Perfilman Indonesia seakan mengawali tahun 2016 dengan sebuah film yang sangat berkelas. Dari segi cerita hingga pengambilan gambar sangat berkelas. Sayangnya film-film Indonesia masih kesulitan dalam menggugah minat penonton Indonesia terkalahkan dengan banyaknya film-film hollywood yang dianggap lebih bergengsi.


Genre       : Drama, Romantis 
Sutradara : Angga Dwimas Sasongko 
Produser  : Glenn Fredly

Pemain Film Surat Dari Praha : 
Tio Pakusadewo sebagai Jaya 
Julie Estelle sebagai Laras
Rio Dewanto sebagai Dewa 
Widyawati sebagai Sulastri

Produksi : Visinema Pictures
Tanggal Rilis : 28 Januari 2016

                       



Penulis :
Alta Titus (@altatitus),  Tukang Spoiler, Disaat skripsi nya belum terselesaikan, ia menyelesaikan beberapa review film. 

1 comment:

  1. Filmnya banyak dibicarakan nih di Twitter, banyak tokoh jg yg rekomendasi. Thanks reviewnya.

    ReplyDelete