Banner

ADVERTISE

MENUNGGU DENGAN MELAYANG-LAYANG ALBUM TEDUH SELANJUTNYA

|
photo by : warningmagz
aku menunggu dengan sabar..
di atas sini..
melayang-layang~

padapanik.com - kalau biasanya padapanik mereview album musik, kali ini kita akan sedikit melenceng dengan bentuk berita atau artikel, biar gak bosen. Yap! kami akan membahas album yang mungkin paling ditunggu-tunggu di tahun ini. Siapa lagi kalau bukan "Payung Teduh". Banyak sekali musisi indie yang sudah menjanjikan albumnya dari jauh-jauh hari. Sayangnya, segala keterbatasan waktu, kematangan konsep atau dana membuat mereka belum bisa menepati janjinya kepada fans, meskipun hal tersebut sudah dijadikan prioritas utama. Selain Payung Teduh, Trio pop minimalis "Efek Rumah Kaca" juga sangat dinantikan album ke 3 nya mengingat sudah dikerjakan sejak tahun 2010, artinya sudah mencapai 5 tahun dan tidak kunjung selesai. Meskipun dibanding Payung Teduh, ERK sudah membocorkan judul albumnya yang diberi nama "Sinestesia".

Setelah melepas album ke 2 berjudul "Dunia batas" pada tahun 2012, Nama Payung Teduh seakan mulai bergerak naik dan bergema ke seluruh Indonesia. Tidak hanya dari kalangan indie saja, tapi juga sudah mulai merambah ke penikmat musik Televisi sekalipun. Meskipun cukup berbeda dengan musik mainstream lainnya, tapi kekuatan pada lirik dan cerita pada lagu, serta nuansa teduh yang mungkin di salah artikan ke dalam suasana galau dan percintaan membuat lagu-lagu Payung Teduh begitu populer dan mulai di kenal di berbagai kalangan. Panggung yang hampir tidak pernah putus, dan fans yang terus bertambah setiap harinya, mungkin inilah alasan mengapa kami memasukan album ke 3 Payung Teduh menjadi album yang paling ditunggu-tunggu tahun ini.

Payung Teduh telah menjadi band yang cukup fenomenal di beberapa tahun terakhir, Kemunculannya beberapa kali di NET TV sangat diapresiasi. Saat di program Breakout mereka menjadi Trending Topic di twitter dan pada episode itu juga mereka mengkonfirmasi album ke-3 yang akan release maret 2015. Sayangnya, entah ada masalah apa, hingga Juni belum ada kabar lagi.

Sama seperti ERK, Payung Teduh juga sepertinya tidak sabar dengan album baru mereka, sehingga di beberapa kali kesempatan manggung, Mereka sengaja membawakan lagu-lagu baru yang tidak ada di album selanjutnya. Bahkan, lagu-lagu tersebut sudah mulai akrab di telinga para pendengar.

Berikut adalah lagu-lagu terbaru Payung Teduh yang mungkin akan masuk di album ke-3 nya nanti

1. Mari bercerita


Dibandingkan dengan lagu-lagu lain, mungkin lagu ini bakalan booming bahkan di televisi sekalipun. Lebih nge pop, sederhana namun tetap meneduhkan. Kali ini Is bernyanyi dengan seorang wanita bernama Icha. Tidak seperti duet maut yang ada di tipi-tipi, sederhana dengan suara gitar akustik dan dua orang yang bernyanyi seperti bercerita, meskipun tidak terlihat romantis tapi begitu manis. Lagu ini harusnya jadi lagu wajib yang dinyanyikan di taman waktu sore!

"Sesungguhnya berbicara denganmu, tentang segala hal yang bukan tentang kita. Mungkin tentang ikan paus di laut? atau mungkin tentang bunga padi di sawah"

2. Kerinduan


Lagu-lagu Payung Teduh sebenarnya banyak bercerita tentang kerinduan, tapi baru kali ini ada lagu yang berjudul "Kerinduan". Lagu ini sendiri lebih terkesan lirih daripada galau, ditambah dengan falsetto sang vokalis yang melengkin tinggi hampir selalu mengundang tepuk tangan penonton meski telah menonton lagu ini berkali-kali

"Hanya tersisa kerinduan, bersama kehampaan, berjalan dengan kerinduan, tertunduk pilu. "

3. Puan bermain hujan


Para penulis lirik akhir-akhir ini senang membahas hujan dan cerita indahnya, hingga lupa, pasti akan ada cerita sebaliknya dibalik hujan. Mungkin kenangan yang buruk, atau hujan jadi saksi dari cerita tentang seseorang yang sudah pergi. Sejenak itu yang bisa penulis tangkap dari lagu berjudul "Puan bermain hujan" bukan.. bukan.. ini bukan soal salah satu menteri di kabinet, ini tentang gadis kecil dengan nama yang sama. Lagu ini kembali menghadirkan nuansa khas Payung Teduh dengan suara Guitalele yang kental, musiknya membuat imajinasi tentang seorang gadis kecil yang bermain di bawah hujan, mengasyikan tapi ada perasaan yang memilukan di balik raut wajahnya yang bahagia.
Lagu ini juga bercerita tentang kerinduan. Selain itu, menurut penulis, lagu ini sangat cocok untuk menjadi single pertama di album ketiga.

"Puan asik bermain hujan, Puan sedang mengenang-ngenang, Puan sedih, juga riang di setiap hujan datang"

4. Menunggu


Lagu yang paling pelan diantara deretan lagu sebelumnya, liriknya jauh lebih sederhana di bandingkan dengan yang lain. Meskipun dibawakan secara akustik, tapi kalau di dengarkan dengan baik, musik dan cara pembawaan vokalnya sangat khas Payung Teduh.

"Ingatkah engkau, kita habiskan malam di bawah bulan, bercerita tentang hujan, dan kecantikan malam"

5. Seruan Cinta



Video ini di upload di tahun 2012, tapi tidak se booming video-video sebelumnya. Menurut keterangan video, lagu ini adalah hasil kolaborasi antara pemenang kompetisi dengan Payung teduh. Videonya juga tidak sampai selesai. Musik dan arransemen nya khas Payung teduh meskipun liriknya memang terdengar asing.

"Seruan cintaku, bawa mu lari bersamaku, cintaku tetap begitu, bawa selalu ke dalam mimpiku"

Dan itulah 5 lagu yang mungkin bisa jadi penawar sementara sambil menunggu album selanjutnya, semoga hasilnya maksimal. Bocorannya, bakal ada 10 lagu, berarti bakal ada 5 atau lebih lagu baru yang belum pernah dibawakan sebelumnya. Di antara beberapa lagu diatas mana yang jadi favoritmu wahai peneduh? Tunggu review album terbaru mereka di padapanik.com nanti :)

Oleh : Ari

No comments:

Post a Comment