Banner

ADVERTISE

JIGANA "MAH" SUKI, NIKMAT TANPA MSG

|

padapanik.com - Buat penikmat makanan Jepang, pasti nya tidak asing lagi dengan "Suki". Di Indonesia sendiri sudah sangat populer, bahkan kalian bisa mendapatkan nya di minimarket. Menurut sejarah nya, Suki dalam bahasa Jepang adalah sebuah sekop / cangkul tebal yang digunakan Petani untuk menggali, namun sejarah Suki ini sendiri menjelaskan bahwa dulunya masakan khas Jepang ini di masak oleh Petani di alat cangkul nya karena terbatas nya peralatan masak.

Nah, kali ini tim padapanik.com di undang ke salah satu tempat makan Suki baru di Bandung. Namanya Jiganasuki. Kalau dalam bahasa sunda, Jigana berarti "kayaknya" tapi masa iya cuma "kayaknya" ? rasa nya emang suki beneran kok. Oh iya, ini kan restauran Jepang hehe. Sayang sekali saya tidak menemukan arti kata Jigana dalam bahasa jepang, kalau kalian tahu, jawab di kolom komentar yah.

Fokus..

Jiganasuki terletak di jalan Sukajadi no. 201 Bandung patokannya Sukajadi atas beberapa ratus meter dari tomodachi. Sebelahan sama Martabak Yakuza. 

Suki dari Jiganasuki semuanya fresh dan bahan baku nya yang premium (bukan dari bensin loh) memang jadi pembeda saat di lahap. Semua nya tersedia di kulkas gede yang menjaga makanan agar tetap seger. Meskipun ini restauran Jepang, tapi nuansa Jepang nya gak begitu kental seperti di tempat makanan Jepang lainnya, mungkin agar bisa lebih di terima di Indonesia. Jadi konsep nya resto.

Sebelumnya, pengunjung akan di memilih varian kuah suki nya. Terdiri dari Spicy, Mushroom, Original, dam Tomato. Komposisi dasar dari kuah nya terdiri dari Goji Berry, cengkeh, black seed, daun bawang, jahe, dan bawang putih lalu rempah tambahan yang berbeda di setiap varian nya.
Sambil menunggu, jangan melewatkan appetizer nya. Beberapa cerecomended!


milan goreng seperti fried siomay, fried meatball homemade, dimsum dan juga Siomay goreng isi telor puyuh,

Ada juga Vegetable tempura yang unik kayaknya gak ada di tempat lain. Belum ke hidangan utama aja udah kenyang, Hingga akhirnya kuah pesanan datang siap di masak di kompor portable yang kami sendiri pura-pura ngerti nyalain nya. Plus sepiring besar Suki yang terdiri dari olahan seafood, sepiring besar sayuran juga daging sapi tipis yang segar siap di masak di meja. Sadisss~

Untuk memasak nya tidak perlu terlalu lama, apalagi memasak daging nya yang mudah sekali pecah, (Biarkan dia pecah di mulut aja bro!). Rasa suki nya emang beda karena kuah nya yang terdiri dari rempah-rempah, sebenarnya lumayan berbeda dari Suki seharusnya. Ini semacam Suki modifikasi.


Yang paling penting itu, semuanya No MSG! Iya, untuk Mahasiswa atau Pelajar, berhenti dulu lah makan kripik-kripik pedas ber MSG, enak sih tapi istirahat sejenak untuk mengurangi dampak nya. Ada salah nya kita harus nyobain suki satu ini yang konsisten tanpa MSG, Ingat negara kita kaya akan rempah-rempah yeah! Jika butuh saus, disediakan 2 jenis saus yaitu Saus goma (buat sayuran dan jamur) dan juga Sambal Suki (buat daging dan baso) serta satu tempat kosong untuk racikan saus kalian sendiri. Kalian juga bisa menambahkan Minyak wijen, kecap asin, cuka hitam, bawang putih dan bawang goreng giling mmm...

Di tanggal muda yang terang benderang ini, cukup siapkan budget kamu kisaran Rp.15.000 - Rp.108.000 kalian juga bisa mendatangi cabang lainnya di Banyakniaga kaler 11, Kota Baru Parahyangan. Bersiap untuk ber-suki ria...

Penulis :
Ashari @arhieashari, biasa nya cuma makan suki di minimarket. 
Foto : 
Renaldy @nallho, Fotografer spesial model kini harus memotret makanan.

No comments:

Post a Comment